Manfaat Minyak Jinten Hitam untuk Kesehatan & Kecantikan

Jinten hitam atau yang disebut dengan biji jinten hitam merupakan salah satu rempah  yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Sesuai dengan namanya, rempah ini identik dengan warna hitam yang dimiliki. Biji ini mempunyai bentuk agak pipih yang hampir menyerupai bulan sabit. Pada umumnya bahan alami tersebut banyak digunakan sebagai bumbu masakan karena memiliki rasa seperti lada hitam. Pada awalnya jinten hitam berasal dari Mesir dan Negara bagian timur tengah lainnya dan banyak digunakan oleh masyarakat di India.
Manfaat Minyak Jinten Hitam
Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, si kecil hitam ini telah diolah menjadi minyak. Minyak jinten hitam berasal dari ekstrasi biji. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah mendapatkan khasiatnya. Di dalamnya terdapat kandungan seratus lebih nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti, karbohidrat, vitamin, mineral, protein, asam lemak dan lain sebagainya.

Khasiat Minyak Jinten Hitam


Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan mengenai manfaatnya bagi kesehatan.


1. Sumber Nutrisi Penting
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa rempah ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya dengan adanya delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah zat yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia, untuk memenuhi kebutuhan tersebut bisa diatasi dengan cara mengonsumsi minyak jinten hitam.

2. Mengatasi Kanker
Bahan alami ini dipercaya mempunyai kemampuan untuk menstimulasi imunitas dan produktivitas interferon serta sel sumsum tulang. Kemampuan tersebut berguna untuk melawan sel-sel tumor tanpa merusak sel-sel yang normal. Selain itu juga memiliki kandungan asam lemak yang berfungsi untuk menghambat perkembangan kanker.

3. Menyembuhkan Asma dan Alergi
Senyawa crystalline nigellone merupakan senyawa yang ada di dalam si hitam ini, senyawa tersebut memiliki protein kinase C. Protein kinase C adalah subtasi yang berfungsi untuk menghambat pelepasan histamine. Histamine adalah senyawa yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh karena adanya alergi. Pemberian minyak jinten hitam biasanya dilakukan para ahli untuk pasien yang menderita asma dan alergi bronchitis.

4. Mengobati Peradangan Kulit
Minyak alami ini mempunyai manfaat untuk menyembuhkan kulit akibat jerawat yang meradang dengan cara menggunakannya sebagai salep. Selain itu juga dipercaya dapat menghaluskan kulit. Hal tersebut dikarenakan kandungan thymoquinine yang terdapat dalam jinten hitam berperan sebagai obat anti-inflamasi yang efektif.

Manfaat jinten hitam akan didapatkan secara maksimal apabila mengonsumsi dan memakai minyak jinten hitam secara bijaksana. Sebelum mengkonsumsinya sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter. Jangan Lupa Baca Juga : Manfaat Minyak Biawak

Advertisement

Artikel Lainnya :-D