Manfaat Minyak Jagung bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Jagung


Minyak jagung merupakan minyak yang berasal dari ekstrasi biji jagung. Ini juga adalah minyak nabati yang banyak digunakan sebagai bahan masakan. Selain itu juga berguna untuk keperluan lainnya, diantaranya dibutukan dalam industri, tekstil, cat dan farmasi.

Meskipun di dalam kandungannya tidak memiliki kandungan protein, karbohidrat dan tidak memiliki kadungan mineral penting seperti kalsium maupun zat besi. Namun, minyak jagung memiliki kandungan vitamin E yang baik. Berikut ini akan disebutkan mengenai kandungan nutrisi yang terdapat dalam satu cangkirnya :
  • Vitamin E : 10%
  • Lemak Jenuh : 28 gram
  • Lemak Trans : 1 gram
  • Kalori dari lemak : 1927 kalori
  • Lemak tak jenuh tunggal : 60.1 gram
  • Lemak tak jenuh ganda : 119.2 gram

Kandungan Minyak Jagung dan Khasiatnya untuk Tubuh

Manfaat Minyak JagungSesuai dengan data yang telah disebutkan, bahwa minyak ini mengandung nutrisi vitamin E yang cukup tinggi. Kandungan vitamin E di dalamnya bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Selanjutnya dari informasi di atas diketahui bahwa adanya kandungan lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang lebih banyak daripada komposisi yang terdapat dalam kandungan lemak lainnya. Lemak tak jenuh merupakan jenis lemak yang baik, kandungan lemak jenuh di dalam minyak jagung berguna untuk membantu mengatasi masalah pada organ jantung, khususnya untuk penyakit serangan jantung, kardiovaskular dan stroke.

Lemak Jenuh dan lemak trans mempunyai sifat yang berbanding terbalik dengan lemak tak jenuh, yaitu bersifat sebagai lemak jahat yang dapat meningkatkan resiko terkana penyakit akibat terganggunya organ jantung, atherosclerosis dan permasalahan lainnya. Namun untungnya di dalam minyak jagung hanya mempunyai komposisi lemak jenuh dan lemak trans dalam jumlah yang sedikit.

Sebagai konsumen yang cerdas, masyarakat dituntut untuk cerdas memilih makanan atau minuman apa saja yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebelum mengonsumsi segala sesuatu untuk tubuh sebaiknya mengetahui terlebih dulu manfaat dan kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya, karena sangat penting untuk selalu mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan mengetahui kandungan dan manfaat dari minyak jagung, di harapkan bagi pembaca yang tertarik mencoba agarr mengonsumsinya secara bijaksana dengan porsi yang tidak berlebihan. Hal itu bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D