Manfaat Kacang Edamame untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Edamame


Bagi pembaca yang belum mengetahui tentang kacang edamame, akan dijelaskan terlebih dahulu. Kacang edamame adalah kedelai Jepang yang merupakan salah satu jenis makanan yang masuk dalam golongkan dalam kacang-kacangan dan sayuran. Entah apa alasannya juga belum diketahui secara pasti. Namun yang lebih pasti adalah kacang ini menjadi salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, C, protein dan serat. 

Manfaat Kacang EdamameEdamame merupakan sumber nabati yang dapat memberikan sembilan asam amino esensial yang biasanya hanya terdapat dalam kandungan daging maupun telur. Selain itu juga menjadi makanan yang rendah akan kandungan lemak dan karbohidratnya. Di dalam secangkir edamame terdapat kandungan 2.5 gram lemak, 120 gram kalori, 13 gram karbohidrat, 9 gram serat. 

Hebatnya, bahan alami ini dapat diolah menjadi jenis makanan yang sehat. Di Negara Jepang, kacang edamame juga banyak digunakan sebagai salah satu komponen pembuatan tempe. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai manfaat atau khasiatnya bagi kesehatan.

Khasiat Makan / Konsumsi Kacang Edamame bagi Kesehatan



1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang edamame mempunyai kandungan antioksidan yang berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi sel darah putih di dalam tubuh. Sel darah putih berperan untuk membunuh virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

2. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kanker

Kandungan isoflavon yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Khususnya mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kacang ini juga bisa berfungsi untuk mencegah penyakit jantung karena memiliki peran untuk menurunkan tekanan darah agar jantung tidak bekerja semakin keras dalam memompah darah. 

4. Mencegah Penyakit Akibat Peradangan

Edamame mempunyai sifat anti inflamasi yang berperan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh peradangan seperti perdangan kulit karena jerawat dan gatal-gatal.

5. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin K yang terdapat dalam si hijau ini berfungsi untuk membantu  proses pembekuan darah saat terjadi luka di permukaan kulit. Selain itu, vitamin K juga berperan untuk mencegah alzheimer dan osteoporosis.

6. Membuat Awet Muda

Di dalam bahan alami ini juga terdapat kandungan vitamin B, C, E yang merupakan sumber alami serta adanya kandungan asam folat  dan antioksidan yang akan meberikan dampak baik karena akan membuat tampak lebih muda jika mengonsumsinya secara teratur.

Ternyata banyak sekali manfaat dari kacang edamame bagi kesehatan tubuh, untuk itu jangan ragu untuk mengonsumsinya karena tidak akan memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan jika tak berlebihan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D