Manfaat Cabai Merah Besar & Kecil (Keriting) bagi Kesehatan

Cabai merah merupakan tanaman dari keluarga Genus Capsicum, yang mempunyai rasa pedas sebagai ciri khasnya. Buah dari tanaman ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan untuk pelengkap rasa karena memiliki zat capsaicin yang bersifat menyengat pada sel-sel lidah sehingga menimbulkan adanya rasa pedas dan panas jika dikonsumsi. 

Manfaat cabai merah
Meskipun memiliki rasa yang panas dan pedas, cabai mempunyai banyak penggemar di semua kalangan masyarakat baik orang dewasa maupun anak-anak. Sebagian orang percaya bahwa sensasi rasa yang ditimbulkan dapat membuat nafsu makan bertambah, hal itulah yang menjadi keunikan sendiri bagi tanaman ini. Selain itu, cabai merah mempunyai beberapa keunikan lain untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Konsumsi / Makan Cabe Merah

1. Mempercepat Penyembuhan Luka
Cabai merah yang sudah dikeringkan dan ditumbuk dengan halus berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka yang ditimbulkan akibat benda tajam. Caranya cukup menaburkan bubuk cabai pada bagian yang terluka, hal tersebut berfungsi untuk menghentikan pendarahan dan menghilangkan rasa perih atau pedih.

2. Mencegah Terkena Stroke
Kandungan zat capsaicin di dalamnya memiliki kemampuan untuk mencegah adanya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga dapat terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung.

3. Mengobati Rasa Nyeri
Selanjutnya, kandungan zat capsaicinnya berperan untuk menghalangi aktivitas kerja otak ketika menerima sinyal adanya rasa sakit dari pusat sistem syaraf, dengan terhalangnya sinyal-sinyal tersebut maka dapat mengurangi rasa nyeri atau rasa sakit yang dialami.

4. Mengatasi Rematik
Tumbuklah 10 gram cabai merah dengan halus kemudian seduhlah dengan ½ gelas air panas, oleskan pada bagian tubuh yang mengalami rasa sakit akibat rematik. Cara tersebut terbukti ampuh untuk mengobati dan mengurangi rematik.

5. Mencegah Penyakit Katarak
Bersamaan dengan kandungan betakaroten, vitamin C, dan zat capsaicin berperan untuk mengurangi resiko terkena penyakit mata katarak.

Manfaat tersebut bisa didapatkan apabila tetap mengkonsumsinya dalam porsi yang bijaksana, terlalu banyak mengkonsumsi cabai dapat menimbulkan masalah gangguan pencernaan seperti diare, radang lambung, infeksi usus dan berbagai resiko penyakit lainnya.

Nah, itu dia beberapa keunikan dari cabai merah. Informasi ini tentunya merupakan kabar baik untuk para penggemar makanan pedas, semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan tubuh dengan tetap melengkapi kebutuhan nutrisi serta dengan tetap membiasakan pola hidup sehat. Anda juga bisa membaca manfaat lain dari cabai dalam artikel : Khasiat Cabe Merah untuk Mengobati Aneka Jenis Penyakit
Advertisement

Artikel Lainnya :-D