Manfaat Air Kelapa Muda Hijau untuk Kesehatan

Indonesia merupakan salah satu negara tropis, pada daerah pesisir pantai dan perdesaanya terdapat banyak pohon kelapa yang tumbuh subur. Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa setiap bagian dari pohon kelapa dari akar sampai daunnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, begitu pula dengan kandungan air di dalam buahnya. 

Sejak jaman dahulu, air kelapa murni telah banyak digunakan sebagai bahan pengobatan alami karena mempunyai banyak manfaat dan rendah kalori. Di dalam satu gelas air kelapa terdapat kandungan gula alami, serat, magnesium dan kalsium, semua kandungan tersebut bermanfaat untuk mengganti cairan yang hilang selama beraktivitas dan berguna untuk menghilangkan racun di dalam tubuh.

Alasan Kenapa Air Kelapa bagi bagi Tubuh dan Diet Menurunkan Berat Badan


1. Rendah Gula dan Bebas Kolesterol

Manfaat air kelapa
Air kelapa murni hanya mempunyai kandungan gula sekitar 1,3 gram serta tidak mempunyai kandungan lemak dan kolesterol. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan nutrisi lain seperti potassium sebanyak 61 mg dan kandungan sodium sebanyak 5,45 mg.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori rendah dan serat yang dimiliki mempunyai kemampuan untuk memberikan efek kenyang sehingga dapat mengurangi keinginan untuk terus mengkonsumsi makanan. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi mereka yang menjalankan program diet sehat.

3. Dapat Mengganti Cairan Tubuh Yang Hilang

Setelah  melakukan aktivitas sehari-hari atau setelah melakukan olahraga, tubuh akan kehilangan banyak cairan yang dikeluarkan melalui keringat. Tubuh yang banyak melakukan aktivitas berat akan kehilangan cairan 10 kali lebih banyak, hal tersebut dapat diatasi dengan meminum air kelapa murni karena di dalamnya terdapat kandungan kalium elektrolit dan sodium.

Jika, membutuhkan air kelapa murni untuk mengatasi masalah kesehatan sebaiknya pilihlah air kelapa hijau yang masih muda. Hal itu disebabkan karena kelapa hijau muda mempunyai khasiat dan kandungan air yang lebih banyak. Sebaiknya pilihlah kelapa yang masih utuh untuk diambil sendiri kandungan airnya, membelinya dalam bentuk kemasan kaleng atau plastik belum terjamin kehigenisan dan kandungan gizinya.

Nah, itulah informasi mengenai beberapa alasan mengapa air kelapa murni baik untuk kesehatan tubuh. Informasi ini akan terbukti kebenarannya apabila tetap mengkonsumsinya dengan kadar yang bijaksana (tidak berlebihan). Semoga informasi ini bermanfaat bagi referensi sehat harian pembaca dan untuk informasi lainnya, silahkan dibaca juga Khasiat Air Nira Kelapa
Advertisement

Artikel Lainnya :-D