Kandungan Gizi Udang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Udang adalah salah satu jenis makanan laut yang sering dijumpai di berbagai rumah makan dan restoran seafood. Pembaca tentunya sudah mengetahui bahwa Indonesia merupakan Negara yang diapit oleh dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Letak geografis tersebut yang membuat Negara Indonesia tidak sulit untuk mendapatkan udang.

Bagi para penggemar udang tentunya tidak asing lagi dengan rasa udang, karena udang memiliki rasa yang nikmat. Lantas, apakah pembaca sudah mengetahui kandungan gizi dan manfaatnya? Berikut ini akan diulas mengenai kandungan gizi udang beserta manfaatnya :

Kandungan Gizi Udang


  • Rendah Kalori
kandungan gizi udangUdang memiliki kandungan kalori rendah, di dalam 100 gram udang hanya terdapat 106 kalori. Selain itu, udang juga rendah akan  kandungan asam lemak jenuh. Di dalam udang terdapat kandungan lemak sehat seperti omega-6 dan omega-3, yang masing-masing terdapat 28 mg omega-6 serta 540 mg per 100 gram udang segar.

  • Sumber Protein
Di dalam 100 gram udang segar terdapat kandungan protein sebanyak 20.3 gram yang mampu mencukupi kebutuhan protein harian hingga 41%. Udang juga mempunyai kandungan protein komplek kerena adanya asam amino lengkap yang terdiri dari ( asam asparat 2100 mg, asam gulamat 3465 mg, valine 956 mg, arginine 1775 mg, isoleucine 985 mg, leucine 1612 mg, glycine 1225 mg, dan lysine 1768 mg). Terdapat sekitar 85% hingga 95%  kandungan protein yang mudah diserap oleh tubuh.

  • Sumber Vitamin
Udang mempunyai berbagai kandungan vitamin yang tinggi, seperti kandungan 4 persen vitamin A, kandungan 5 persen vitamin B6, kandungan 19 persen vitamin B12, kandungan 3 persen vitamin C, kandungan 5 persen vitamin E dan lain sebagainya.

  • Sumber Mineral
Selanjutnya, udang juga mengandung mineral tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam 100 gram udang segar terdapat kandungan mineral seperti, Mineral selenium 54%  kebutuhan fosfor 20%, magnesium 9%, zinc 7%, sodium 6%,  zat besi 13 %, tembaga 13%, potassium 5% dan kalsium 5%, serta berbagai kandungan mineral penting lainnya.


Manfaat Udang untuk Kesehatan


1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak esensial di dalam udang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta berfungsi untuk mencegah pengumpalan darah. Hal itu akan meringankan jantung dalam memompa darah.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Karena memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi, udang juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat serta dapat membantu perkembangan sel-sel pada otak.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Udang memiliki kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium serta kandungan vitamin D yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Udang memiliki sifat antioksidan yang berperan untuk membentuk antibodi dengan bantuan selenium. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh.

3. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dan zinc yang terdapat di dalam udang berfungsi untuk menambah produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Udang memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena memiliki kandungan protein tinggi, sebagian besar orang akan mengalami rasa gatal setelah mengkonsumsinya dengan porsi berlebihan. Baca juga: Kandungan Nutrisi Daging Sapi dan Khasiatnya bagi Tubuh
Advertisement

Artikel Lainnya :-D