Cara Mengobati Sakit Pinggang Tanpa Obat (Secara Alami)

Cara Mengobati Sakit Pinggang Tanpa Obat

Seseorang terkadang mengalami sakit pinggang, baik sakit sementara ataupun berkelanjutan. Sakit pinggang biasanya terjadi pada usia tua, namun tidak sedikit pula dialami oleh kalangan muda atau dewasa. Banyak hal yang dapat memicu terjadinya sakit pinggang, seperti kepadatan tulang yang semakin terkikis, sering duduk terlalu lama, kurang minum air, kecapek'an dan bisa juga karena usia yang sudah tua. Sakit pinggang dapat mengganggu pekerjaan dan menimbulkan rasa nyeri atau sakit pada punggung bagian bawah maupun atas. Untuk itulah sakit pinggang tidak boleh dibiarkan karena beresiko terkena osteoporosis dan oleh sebab itu harus segera diatasi. 

Lalu bagaimana cara mengatasi sakit pinggang? Nah, untuk mengatasi sakit pinggang dapat melakukan beberapa tips berikut ini.

Tips Mengobati / Menyembuhkan Pinggang Sakit secara Alami Tanpa Obat Kimia

  • Berolahraga
Olahraga merupakan kegiatan yang dapat melenturkan dan melemaskan otot yang tegang. Dengan berolahraga  resiko terkena sakit pinggang akan sedikit berkurang bahkan tidak akan pernah mengalaminya apabila melakukan olahraga secara rutin setiap pagi. Nah, untuk itu sangat penting bagi anak kecil, usia muda, dewasa dan orang tua untuk gemar berolahraga supaya tubuh tetap selalu sehat.
  • Membentuk sudut 90°
Untuk membentuk tubuh dengan sudut 90° bisa dengan melakukan cara berikut ini; Pertama – tama berbaring diatas lantai atau dekat dengan tembok. Kemudian angkat kedua kaki atau satu kaki secara bergantian masing – masing 10 detik lamanya dan dalam posisi kaki lurus ke atas atau membentuk sudut 90°.

  • Menekukkan Lutut
Dengan melakukan gerakan menekukkan kedua lutut dapat meringankan sakit pada pinggang. Caranya, berbaring diatas lantai kemudian tekukan kedua lutut hingga menempel pada perut dengan bantuan tangan. Lakukan cara ini selama 10 detik dalam 10 kali gerakan. Cara ini juga berfungsi untuk membuat kontraksi otot di bagian pinggang, sehingga sakit dan rasa tegang pada pinggang dapat teratasi.

  •  Mengkompres Air Dingin dan Air Panas
Dengan mengkompres pinggang dengan air dingin dan panas secara bergantian, ternyata juga dapat mengatasi masalah sakit pinggang. Caranya lakukan proses mengkompres pinggang dengan air dingin dan air panas secara bergantian, masing – masing selama dua hari. Cara ini bertujuan untuk membuat sirkulasi darah pada area pinggang menjadi lancar.

  • Miringkan Badan
Gerakan ini termasuk dalam gerakan pemanasan yang dilakukan setiap akan berolahraga. Caranya dengan posisi badan berdiri tegap, dengan memberikan celah antara kedua kaki. Kedua tangan memegang pinggul, posisi kepala menghadap ke depan lurus. Kemudian gerakkan badan ke kanan dan ke kiri selama 10 detik secara bergantian. Perlu diperhatikan juga jika posisi kaki tetap pada keadaan semula, hanya bagian pinggul ke atas yang digerakkan. Nah, gerakkan ini akan mengakibatkan kontraksi otot pinggang, sehingga dapat mengatasi rasa sakit pinggang.

  • Senam
Bagi seseorang yang rutin mengikuti atau melakukan senam, maka akan menurunkan resiko mengalami sakit pinggang. Pada setiap gerakan senam pastilah lincah, bersemangat dan dapat membakar banyak kalori. Selain itu, gerakan sena dapat melenturkan dan melemaskan otot tubuh yang tegang.

Demikian tadi tips cara mengatasi sakit pinggang tanpa obat yang dapat dipraktekkan di rumah. Jadi, sakit pinggang terjadi karena kepadatan tulang yang sudah mulai menurun. Oleh karena itu, selain berolahraga perlu diimbangi dengan asupan makanan yang banyak mengandung vitamin K, vitamin D. mineral kalsium, magnesium, dan kalium yang dapat menyusun kembali kepadatan tulang.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D