Cara Menghilangkan Flu dan Pilek dengan Cepat secara Alami

Sistem kekebalan tubuh memang sangat dibutuhkan untuk terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang sistem  imun, seperti flu dan batuk. Penyakit ini termasuk dalam penyakit musiman atau bisa pula disebabkan oleh daya tahan tubuh yang lemah dan tidak tahan dengan suhu yang dingin. Flu dan pilek juga termasuk penyakit yang dapat menular dengan cepat melalui udara. Sehingga penting menjaga jarak atau memakai masker bagi penderita penyakit ini saat keluar rumah atau saat berinteraksi dengan orang lain.

Tips Mengobati Flu dan Pilek dengan Bahan Tradisional


Sebelumnya kami juga pernah membahas mengenai Gejala Awal Penyakit Flu dan sekarang kita akan mengulas tentang cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Seperti beberapa tips berikut ini!


Cara menghilangkan flu dan pilek dan cepat secara alami
Image Source: pixabay.com
  • Mengkonsumsi Sayuran dan Buah
Sayuran dan buah – buahan sangat bagus untuk mengembalikan kondisi tubuh dan dapat pula meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Seperti buah jeruk, sayur bayam, wortel, dll.

  • Minum Teh
Mengkonsumsi minuman hangat, seperti teh dapat mengatasi flu dan pilek. Sebab teh dapat memberikan rasa hangat dalam tubuh dan membuat hidung lega. Selain itu, kondisi tubuh yang flu dan pilek juga dapat mengakibatkan hidung tersumbat karena lendir di dalamnya. Sebaiknya hembuskan angin kuat – kuat melalui lubang hidung secara bergantian supaya lendir di dalamnya dapat keluar. Apabila tidak dapat keluar biarkan saja dahulu, sebab dapat mengakibatkan rasa sakit pada hidung.

  • Berkumur
Flu biasanya dapat mengakibatkan penyakit lain pada saluran pernafasan seperti peradangan pada tenggorokan. Untuk mengatasinya dapat dengan cara berkumur dengan air hangat yang tambahkan garam. Dapat pula meminum air hangat plus garam atau wedang jahe yang memberikan rasa hangat pada tenggorokan.

  • Minyak Kayu Putih atau Balsam
Untuk mengatasi hidung tersumbat karena flu dan pilek dapat menggunakan minyak kayu putih atau balsam, kemudian oleskan dibawah hidung. Namun, cara ini agak memberikan rasa panas pada hidung tapi setidaknya dapat meredakan hidung tersebut dan dapat kembali bernafas dengan lega.

  • Tinggikan Bantal
Ketika mengalami flu dan pilek, usahakan posisi kepala lebih tinggi dengan meninggikan bantal. Sehingga lendir dalam tubuh dapat turun, tidak keluar melalui hidung yang dapat mengakibatkan hidung tersumbat.

  • Bawang Putih dan Bawang Merah
Dengan mencium aroma bawang selama 5 menit dapat mengatasi hidung tersumbat karena flu dan pilek. Sebab, bawang memiliki sifat katalis untuk mengeluarkan lendir dan membersihkan hidung tersumbat.

  • Cabai
Banyak jenis cabai di dunia dan memiliki tingkat kepedasan sendiri – sendiri. Saat mengalami flu dan pilek, sebaiknya konsumsi cabai dengan porsi sewajarnya untuk mengatasi flu dan pilek yang diderita. Sebab, setiap jenis cabai memiliki kandungan capsaicin yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan cairan penyebab penyakit ini.

Itulah tadi beberapa tips untuk mengatasi flu dan pilek dengan cepat. Dengan begitu masalah kesehatan dapat diatasi dengan menggunakan cara diatas. Selain itu, perbanyak pula berolahraga dan beristirahat cukup, sebab kekebalan tubuh menurun bisa diakibatkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Tapi jangan lupa baca juga: Suplemen Vitamin untuk Mempercepat Penyembuhan Flu


Advertisement

Artikel Lainnya :-D