Cara Mengetes & Membedakan Madu Asli atau Palsu

Cara membedakan madu asli
Dalam dunia kesehatan, madu sudah dikenal sebagai salah satu minuman yang menyehatkan dengan cita rasanya yang manis dan nikmat. Selain itu, madu juga terkenal di dunia kuliner untuk dimanfaatkan sebagai komponen campuran makanan dan minuman. 

Namun, karena harganya yang relatif mahal banyak para produsen curang yang menjual madu palsu. Kenyataan tersebut akan berpengaruh pada khasiatnya, madu yang awalnya dianggap mempunyai banyak manfaat akan menjadi racun bagi tubuh apabila konsumen tidak cermat memilih dan membedakan antara yang asli dengan yang palsu. 

Tips Menguji / Mengetahui Antara Madu Asli atau Tidak (Palsu)


1. Dengan Cara Dibakar
Ujilah keasliannya dengan cara di bakar, pertama-tama siapkan alat berupa lilin, korek api dan sendok makan. Ambilah madu dengan sendok makan, kemudian bakarlah bagian bawah sendok di atas lilin yang menyala. Tunggulah hingga mendidih, madu asli ditandai dengan banyaknya busa yang dikeluarkan sedangkan madu palsu hanya menghasilkan sedikit busa.

2. Diuji Menggunakan Kertas
Cara berikutnya dapat dilakukan dengan media kertas, lumurilah madu di atas kertas yang bersih. Lakukan cara tersebut secara merata di atas permukaan kertas apabila kertasnya sobek dan tembus, hal tersebut membuktikan bahwa madu tersebut palsu. 

3. Memasukan Madu Ke Dalam Lemari Es
Pembuktian berikutnya bisa dilakukan dengan cara memasukkannya ke dalam lemari es, madu yang asli tidak akan membeku apabila di simpan ke dalam lemari es dalam waktu yang cukup lama.

4. Tidak Mempunyai Masa Berlaku
Madu yang telah dicampuri oleh bahan-bahan lainnya memiliki masa berlaku atau masa kadaluarsa karena seiring berjalannya waktu rasa dan warnanya akan berubah. 

5. Campurkan Dengan Kuning Telur Bebek
Selanjutnya, campurkan madu ke dalam kuning telur bebek. Jika warna kuning telurnya berubah warna dan terlihat setengah matang hal tersebut menunjukkan keaslian madunya. Penting juga untuk menggunakan kuning telur dalam keadaan baik. 

Sebaiknya, jangan tergiur dengan segala produk dengan harga murah sebelum mengetahui kualitas di dalamnya karena segala produk palsu dapat membahayakan kesehatan tubuh. Tips tersebut bisa diterapkan dengan mudah, selamat mencoba! Jangan lupa baca juga: Manfaat & Khasiat Madu Lebah Murni dan Asli bagi Kecantikan Kulit dan Kesehatan Tubuh
Advertisement

Artikel Lainnya :-D