Aneka Manfaat Kulit Buah dan Sayuran Sehat

Kulit Buah dan Sayur
Di alam semesta yang indah ini, Tuhan telah memberikan kekayaan yang begitu luar biasa yang terdiri dari keanekaragaman hayati seperti tumbuhan, buah-buahan dan sayuran. Semua sumber kekayaan alam tersebut dapat memanjakan manusia karena dapat dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya dengan mengolahnya menjadi makanan untuk 
dikonsumsi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah dan sayur merupakan salah satu jenis makanan yang mempunyai banyak penggemar karena memiliki rasa yang menyegarkan. Namun, siapa yang menduga bahwa kulitnya yang biasa dikupas untuk dibuang ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut hanya berlaku pada jenis kulit buah dan sayuran tertentu karena tidak semuanya mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Kulit Buah dan Kulit Umbi Sayuran bagi Kesehatan

1. Kulit Jeruk
Kulit buah jeruk memiliki kandungan senyawa kimia yang berperan untuk menurunkan kolesterol dan dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Selain itu, kandungan senyawanya bersifat anti-inflamasi (anti-peradangan). 

2. Kulit Apel
Di dalam kulit buah apel terdapat kandungan antioksidan tinggi, antioksidan tersebut mempunyai kemampuan untuk menyehatkan organ paru-paru dan otak. Di sisi lain, juga terdapat kandungan serat dan vitamin yang setara dengan kandungan di dalam buahnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya setelah dicuci dengan bersih. 

3. Kulit Semangka
Kulit buah semangka yang biasanya diabaikan dan dibuang ternyata memiliki kandungan berupa asam amino. Kandungan asam amino tersebut berperan untuk mengeluarkan zat nitroten di dalam darah, di sisi lain kulit semangka juga memiliki kandungan vitamin E yang berkemampuan untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit. 

4. Kulit Kentang
Kulit kentang kaya akan kandungan nutrisi seperti, vitamin B, vitamin C, potassium, kalsium, serat dan zat besi. Semua kandungan nutrisi di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya, dapat memperlancar sistem kekebalan tubuh, memperlancar sistem pencernaan, mencegah anemia dan dapat memberikan nutrisi bagi kulit.

Setelah mengetahui informasi ini, penting untuk tidak mengabaikan dan membuang kulit buah dan sayur tersebut. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah tersebut beserta dengan kulitnya, namun cara ini tidak berlaku untuk buah semangka. Untuk semangka, sebaiknya potong dan gosokkan buah semangka di atas permukaan kulit agar mendapatkan manfaatnya. Kemudian untuk lebih lanjut silahkan baca juga artikel tentang: Khasiat Kayu Ular asal Papua atau Manfaat Kulit Kayu Manis
Advertisement

Artikel Lainnya :-D