Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer / Laptop

Pada zaman modern ini, sudah banyak sekali teknologi canggih yang makin berkembang dan keberadaannya telah beredar pada masyarakat luas. Hal itu menyebabkan pada zaman sekarang, banyak sekali orang-orang yang tidak bisa lepas dengan teknologi, khususnya bagi orang-orang yang berkerja di kantor, seorang penulis dan orang-orang yang hobi berinternet. Kebiasaan yang terlalu lama menghabiskan waktu dengan gadget canggih, seperti laptop dan komputer akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Tips Sehat Saat Bekerja di Depan Komputer / Laptop Kantor

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini kami akan menjabarkan mengenai tips sehat saat di depan laptop atau komputer.


1.      Atur Posisi Tubuh

Tips sehat bekerja di depan komputer / laptop
Image Source: pixabay.com
Saat berada di depan layar laptop atau komputer, usahakan tubuh tetap berada dalam posisi yang benar, yaitu posisi duduk dengan punggung tegak, bahu tetap rileks serta menjaga jarak mata dengan layar laptop atau komputer. Istirahatkan jemari tangan setelah lama mengetik.

2.      Gerakkan Bagian Tubuh

Untuk menghindari rasa kram pada leher, tangan, dan kaki, sangat disarankan untuk sesekali memutar leher, meregangkan jemari kaki dan tangan setelah berada lama di depan layar laptop maupun komputer.

3.      Sering Mengedipkan Mata

Mengedipkan mata dalam intensitas yang sering saat berada di depan layar laptop atau komputer akan mencegah mata kering, mata perih dan menghindari berbagai bahaya penyakit mata yang mungkin akan timbul.

4.      Batasi Waktu Penggunaan

Gunakan jeda waktu pada saat menggunakan laptop atau komputer. Jeda waktu yang ideal yaitu dengan mengistirahatkan 15 menit setelah digunakan selama 45 menit.

5.      Gunakan Keyboard dan Mouse Eksternal

Jika sering menggunakan laptop di rumah dengan durasi yang cukup lama, sebaiknya letakkan laptop di atas meja yang telah didesain khusus untuk menyambungkan mouse dan keyboard eksternal yang ada di laptop. Hal itu bertujuan untuk menjaga posisi tubuh dan posisi duduk.

6.      Jaga Pola Makan

Orang yang terlalu lama menghabiskan waktunya di depan layar laptop atau komputer, cenderung akan mengalami pertambahan berat badan yang drastis karena pola makan yang salah dengan sering ngemil saat menghabiskan waktunya di depan layar.

7.      Berolahraga Pagi

Saat menghabiskan banyak waktu di depan layar laptop atau komputer membuat tubuh jarang sekali bergerak. Hal itu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan olahraga di pagi atau di sore hari.

Terkadang kecanggihan teknologi yang kian berkembang di sekitar kita membuat lupa dan membuat manusia semakin malas serta semakin tergantung dengan kecanggihan teknologi. Padahal sebagai manusia kita juga diharuskan untuk melakukan berbagai aktivitas setiap harinya. Semoga artikel mengenai tips sehat bekerja di depan komputer ini berguna !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D