Tips Hidup Sehat di Usia Senja Diatas 40 Tahun

Tips Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut / Lansia


Pada saat usia sudah lanjut, setiap orang pasti merasakan tenaga yang selalu berkurang, gerak menjadi lambat, mudah terserang penyakit dan hilangnya keseimbangan. Usia tua pasti akan di alami oleh setiap orang, untuk itu sangat perlu untuk menjaga kesehatan tubuh supaya mengecilkan resiko terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan di usia tua nantinya. pada saat usia sudah tidak muda lagi, penyakit mudah datang dan menyerang tubuh, seperti diabetes, stoke, serangan jantung, penyakit pada sistem pencernaan dan pernafasan. Semua itu disebabkan faktor kebiasaan semasa muda.

So, membiasakan menjaga gaya hidup sehat mulai di usia muda, seperti mengatur pola makan makanan yang bergizi dan baik bagi kesehatan,  tetap menjaga kebugaran dengan berolahraga, menjauhi rokok, miras, dan narkoba merupakan cara yang patut dibiasakan oleh para generasi muda. Lalu, apa saja olahraga yang baik bagi orang yang sudah lanjut usia?


Tips Menjaga Kesehatan untuk Lansia / Umur Diatas 40 Tahun 

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan di usia tua. 



Melakukan kegiatan olahraga fisik di usia tua mungkin tidak lagi, karena faktor kekuatan dan stamina yang sudah berkurang. Kurangnya aktivitas fisik di usia muda merupakan salah satu faktor yang membuat menurunnya stamina dan kekuatan tubuh menjadi berkurang. Nah, untuk itu mulai dari sekarang biasakan untuk berolahraga secara bertahap dan rutin dilakukan agar tubuh kembali bertenaga. 

Olahraga yang dapat dilakukan seperti pemanasan ( stretching ) setiap pagi hari dan joging setiap seminggu 2 – 3 kali. Lakukan kegiatan tersebut selama ½ jam setiap sesi, apabila belum kuat bisa di timer secara bertahap. Manfaat yang dapat diperoleh selain tubuh menjadi bertenaga kembali adalah menjaga kesehatan jantung, membakar lemak jahat, mengeluarkan racun melalui keringat, dan menjaga kesehatan tulang terutama kaki. 

Namun, untuk yang menggunakan kursi roda masih bisa melakukan pemanasan dengan menggerakkan tangan atau hanya berjemur dari terbitnya matahari sampai pukul 9 pagi. Pada saat itulah cahaya matahari sangat bagi kesehatan tulang karena mengandung vitamin D. Selain itu melakukan kegiatan rumah, seperti menyapu, mengepel dan menyiram tanaman dapat di lakukan supaya anggota tubuh dapat selalu bergerak. 



  • Mengatur Pola Makan 

Makan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi bagi kesehatan tubuh memiliki peranan yang baik di usia lanjut. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak dan garam rendah, perbanyak makan buah, sayuran serta makanan yang tinggi serat, sehingga mencegah resiko penyakit jantung, stroke, diabetes, osteoporosis dan penyakit usia lanjut lainnya. 

Selain itu, perbanyak mengkonsumsi air mineral 8 – 12 per harinya supaya terhindar dari dehidrasi dan menjaga kulit tetap lembab dan kencang. Makanan yang mengandung antioksidan juga sangat dibutuhkan karena senyawa anti kanker  dan dapat mencegah radikal bebas karena polusi. 

  • Melakukan Aktivitas Sosial 

Terus melakukan aktivitas sosial seperti kerja bakti, arisan, atau aktivitas yang mengajak untuk saling berinteraksi dengan keluarga, teman, dan masyarakat umum. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental dan emosional di usia lanjut. 

  • Menjaga Daya Ingat dan Mental 

Untuk menjaga daya ingat dan mental agar tetap berkerja secara optimal dapat melakukan kegiatan membaca buku atau koran sebagai sumber informasi dan wawasan, mengisi TTS dapat melatih kecerdasan otak, bermain catur melatih kecerdikan untuk mengatur strategi, dan mempelajari hal baru agar tidak terlalu jenuh dengan hal yang sama setiap harinya. Selain itu, menaruh barang penting di tempat yang  spesifik dapat melatih daya ingat dan selalu menjauhi miras, rokok, dan obat penenang di usia lanjut karena dapat menggandakan resiko terserang penyakit. 



Nah, itulah tips menjaga kesehatan di usia tua supaya selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Jadi, menjaga kesehatan sangat perlu dilakukan sejak dini supaya kelak saat sudah lanjut usia tidak sakit – sakitan dan supaya tetap tampak selalu bertenaga.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D