Tips Cara Mencegah Penyakit Stroke Secara Alami

Tips Mencegah Serangan Gejala Stroke

Stroke dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Penyakit ini disebabkan oleh aliran darah yang menuju ke orak berhenti, sehingga mengakibatkan kerusakan pada otak hingga meninggal dunia. Pola hidup kurang sehat merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya jumlah penderita stroke selain faktor usia. Untuk mengobatinya dapat dilakukan terapi dan pengobatan medis lainnya. Namun pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang dapat diaplikasikan di kehidupan sehari – hari untuk mencegah terkena penyakit stroke.


Cara Mencegah Penyakit Stroke Secara Alami

Cara Mencegah Penyakit Stroke

  • Berolahraga
Olahraga selama 30 menit setiap pagi dapat menyehatkan pembuluh darah dan jantung, sehingga kedua organ ini dapat bekerja dengan baik. Olahraga yang dilakukan tidak perlu olahraga yang menguras tenaga atau fisik. Hanya dengan melakukan jogging atau bersepeda di pagi hari dan dilakukan rutin setiap hari. Selain menyehatkan jantung, berolahraga dapat membakar lemak.

  • Hindari Miras atau Alkohol
Minuman beralkohol dapat membuat kadar kolesterol dan tekanan darah meningkat. Sehingga dapat mengakibatkan gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat memicu terjadinya stroke. Selain itu, minum minuman beralkohol juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

  • Berhenti dan Hindari Rokok
Rokok memiliki kandungan nikotin yang sangat tinggi dan disertai zat karbon dioksida pada asapnya. Kedua kandungan tersebut dapat membuat para perokok terserang penyakit stroke. Sebab, dapat mengakibatkan penyempitan di pembuluh darah yang disertai penggumpalan dan dapat juga merusak sistem kardiovaskular. Untuk itu, berhentilah dan hindari merokok karena tidak baik bagi kesehatan.

  • Pola Makan Sehat
Faktor makanan juga dapat mempengaruhi kerja jantung dan pembuluh darah. Hindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol jahat yang tinggi sehingga dapat mengganggu peredaran darah dan membahayakan kesehatan jantung. Konsumsi makanan yang tinggi kandungan gizi, seperti menggunakan minyak zaitun untuk memasak, konsumsi buah dan sayuran, kurangi makanan yang tinggi garam, dan pilih daging yang rendah lemak.

  • Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih
Apabila tubuh kekurangan cairan akan  mengalami atau dehidrasi dapat mengakibatkan terjadinya pembekuan darah dan mengganggu peredaran darah ke otak. Sehingga, pada seseorang yang mengkonsumsi air putih kurang dari 6 – 8 gelas per harinya dapat beresiko terkena penyakit stroke. Jadi, perbanyak mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari supaya terhindar dari serangan stroke dan juga dapat membuat kulit menjadi kencang serta lembab.

  • Menurunkan Berat Badan
Bagi seseorang yang memiliki berat badan yang besar atau bahkan mengalami obesitas, akan lebih beresiko terkena penyakit stroke. Sebab, seseorang yang memiliki berat badan yang tinggi atau yang mengalami obesitas cenderung tinggi kandungan lemak dalam tubuhnya. Tingginya kandungan lemak tersebut dapat mengakibatkan penyumbatan pada aliran darah yang menuju ke otak dan membuat tekanan darah meningkat serta kerja jantung semakin berat.

  • Menjaga Kestabilan Tekanan Darah
Menjaga kestabilan tekanan darah merupakan salah satu cara terhindar dari penyakit stroke. Hipertensi atau seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi akan lebih beresiko terserang penyakit stroke. Untuk menjaga kestabilan tekanan darah dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup dan makan yang sehat.

  • Aspirin
Aspirin berguna untuk mencegah terjadinya pembekuan darah dan  telah terbukti dapat membantu mencegah terserang penyakit stroke. Namun, sangat penting, sebelumnya harus konsultasi dengan dokter dan penggunaan aspirin harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter juga.


Demikian tadi tips mencegah penyakit stroke yang dapat membahayakan kesehatan secara alami yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari – hari. Jadi, stroke dapat kita cegah dengan menjaga pola hidup sehat dan pola makan yang bergizi yang diterapkan mulai dari sekarang. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D