Penyebab Insomnia atau Susah Tidur : Diabetes, Stres, dan Makan

Penyebab Insomnia / Sulit Tidur Nyenyak

Insomnia merupakan keadaan dimana kemampuan untuk tidur menjadi terganggu dan akibatnya sulit untuk tidur serta dapat pula mengakibatkan tidak tidur sehari penuh. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti stress, depresi dan bahkan penyakit berbahaya seperti diabetes. 

Sudah banyak tahu apa itu diabetes, penyakit ini disebut juga dengan kencing manis. Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah yang membuat gangguan terhadap produksi insulin. Nah, penyakit diabetes dapat mengakibatkan kesulitan untuk tidur atau insomnia. 

Penderita diabetes akan sering membuat penderitanya buang air kecil dan bolak balik ke kamar kecil. Hal inilah yang membuat kita terbangun setiap saat, bahkan di tengah malam sekalipun kita akan dibuat bangun karenanya. Akibatnya penderita diabetes juga akan mengalami yang namanya insomnia.


Penyebab insomnia atau susah tidur
Image Source: pixabay.com

Penyebab Insomnia / Sulit Tidur


Namun tak hanya diabetes saja yang menjadi faktor penyebab insomnia. Masih ada banyak faktor lain yang mengakibatkan kita kesulitan untuk tidur, seperti berikut ini. 



  • Stress 
Stress dapat merupakan salah satu penyebab insomnia yang diderita oleh banyak orang. Apalagi bagi mereka para pekerja yang bekerja dari pagi sampai malam, sehingga sedikit sekali waktu untuk beristirahat. Selain itu, kondisi jalanan yang macet juga memicu timbulnya stress dan berakibat pada kesulitan untuk tidur. 

  • Penyakit Kronis
Gangguan tidur atau insomnia dapat terjadi pada penderita penyakit kronis. Hal tersebut dapat terjadi karena rasa sakit dan nyeri dari penyakit tersebut yang terjadi tanpa disangka – sangka walaupun kita sedang tidur. Nah, dari situlah penderita akan terbangun di malam hari. Untuk mengatasi insomnia akibat dari rasa nyeri penyakit kronis tidaklah mudah. Sebaiknya untuk sering berkonsultasi dengan dokter pribadi atau spesialis penyakit kronis yang diderita agar rasa sakit dan nyeri tersebut dapat ditangani. 

  • Makan sebelum tidur

Insomnia juga dapat disebabkan oleh memakan makanan sebelum tidur, terutama makanan pedas. Rasa pedas tersebut dapat memicu naiknya temperature tubuh dan dapat meningkatkan detak jantung, sehingga mengakibatkan pola tidur menjadi terganggu. 


Nah, itulah tadi hal yang menyebabkan insomnia, salah satunya adalah penyakit diabetes. Jadi, insomnia dapat mengganggu pola tidur, sehingga kita dipaksa untuk begadang. Selain itu, insomnia juga dapat mengakibatkan depresi bagi penderitanya. So, jangan dibiasakan tidur terlalu larut malam karena faktor kebiasaan tidur larut malam merupakan salah satu pemicu timbulnya insomnia. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D