Obat Herbal untuk Menyembuhkan Asam Lambung Tinggi

Obat Tradisional untuk Mengobati Asam Lambung yang Tinggi

Bagi penderita asam lambung, naiknya kadar asam lambung sangat menyiksa dan mengakibatkan rasa nyeri di dada, seperti tertusuk jarum namun tidak berdarah. Untuk mengatasinya juga tidak begitu sulit, sebab ada banyak tempat yang menjual obat pereda asam lambung. Namun, alangkah lebih baik lagi jika mengobati suatu penyakit dengan cara alami sehingga tidak menimbulkan berbagai macam masalah dan efek samping bagi kesehatan. 


Cara Mengatasi Asam Lambung Tinggi dengan Obat Herbal Alami


Nah, apa sajakah cara alami untuk mengatasi naiknya kadar asam lambung? Simak tips berikut ini!

  • Baking Soda
Obat herbal untuk menyembuhkan asam lambung tinggi
Image Source: pixabay.com
Baking soda sering kita jumpai dalam pembuatan kue atau cake. Namun, tahukah jika baking soda dapat dijadikan obat untuk menurunkan kadar asam lambung. Caranya, masukan 1 sdt baking soda dalam segelas air, lalu minum. Efek samping dari penggunaan baking soda untuk mengobati asam lambung adalah rasa mual dan muntah. Sedangkan fungsi dari penggunaan baking soda untuk penderita asam lambung adalah kemampuannya dalam menetralkan asam lambung.  

  • Permen Karet
Pasti kebanyakan orang tidak mengetahui jika permen karet dapat dijadikan obat untuk mengatasi asam lambung yang naik. Sebab, dengan mengunyah permen karet dapat meningkatkan produktivitas air liur. Air liur inilah yang dapat mencuci dan menghilangkan asam lambung di perut lebih cepat. Sehingga membuat kadar asam lambung turun dan kembali normal. Cobalah selama 30 menit mengunyah permen karet dan buktikan hasilnya.

  • Pisang
Buah pisang selain memiliki rasa yang enak dan lembut, ternyata dapat dijadikan obat untuk mengatasi naiknya kadar asam lambung. Namun, menggunakan pisang sebagai obat asam lambung belum tentu dapat berhasil. Hal ini dikarenakan setiap asam lambung manusia berbeda, sehingga sebaiknya gunakan cara lain apabila tidak dapat menurunkan kadar asam lambung.

  • Lidah  Buaya
Minum jus lidah buaya sebelum makan sebanyak ½ gelas dapat menurunkan kadar asam lambung, lebih tepatnya meredakan inflamasi pada kerongkongan. Namun, jus lidah buaya memiliki efek samping meningkatkan frekuensi BAB atau diare.

  • Jahe
 Menggunakan jahe sebagai obat menurunkan kadar asam lambung memang telah terbukti secara turun – temurun. Namun perlu diperhatikan pula untuk mengkonsumsi jahe dalam takaran yang harus pas, maksimal sebanyak 4 gram. Apabila melebihi takaran tersebut dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Cara penggunaannya cukup dengan menggunakan jahe sebagai minuman atau campuran bahan makanan.

Demikian tadi tips cara menangani asam lambung dengan cara alami yang dapat dicoba di rumah. Jadi, untuk menangani masalah naiknya kadar asam lambung sangat berbeda – beda sesuai dengan kecocokan asam lambung dengan obat alami yang digunakan. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D