Manfaat Tumis Sayur Kangkung untuk Diet, Ibu hamil & Kesehatan

Manfaat Tumis Kangkung

Kangkung merupakan jenis sayuran yang mudah kita jumpai di Indonesia, tepatnya tempat yang berair seperti pinggir kolam, waduk, empang atau ada pula yang sengaja untuk ditanam untuk dijual. Kangkung juga bisa diolah menjadi makanan yang menggugah selera dan disukai banyak orang, salah satunya adalah tumis kangkung.

Kandungan Nutrisi & Manfaat Tumis Sayur Kangkung bagi Kesehatan, Diet Menurunkan Berat Badan & Ibu hamil


Manfaat Tumis Sayur Kangkung


Kangkung memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, niasin, piridoksina, riboflavin, asam folat dan mineral yang baik   bagi tubuh. Namun, kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat dari sayuran ini bagi kesehatan. Nah, untuk lebih mengenal manfaat kangkung bagi kesehatan, berikut ini ada beberapa manfaat yang di dapat apabila mengkonsumsi kangkung.

  • Meningkatkan Produktivitas Sel

Kandungan zat mineral yang ada dalam kangkung, seperti magnesium, kalsium, kalium, mangan, tembaga, seng dan zat besi dapat membuat produktivitas sel dalam darah meningkat dan juga berguna bagi proses respirasi sel.

  • Mencegah Diabetes

Kangkung mengandung senyawa poli-fenolik yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya diabetes dengan cara menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga dianjurkan bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi kangkung daripada obat – obat kimia.

  • Mencegah Bau Mulut

Kangkung memiliki kandungan minyak esensial yang berguna untuk mengatasi bau mulut yang kurang sedap yang disebabkan mikroba dalam mulut.

  • Mencegah Pembekuan Darah

Menurut sebuah penelitian, kangkung mempunyai kandungan zat kimia yang dapat mencegah terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah otak dan jantung. Selain itu, juga dapat mengontrol jumlah trombosit dalam darah.

  • Mengatasi Sakit pada Gigi

Kangkung memiliki kandungan minyak esensial, yakni eugenol. Zat tersebutlah yang dapat digunakan sebagai anestesi gigi dan zat antiseptik, sehingga dapat meredakan sakit gigi dan mengobatinya.

  • Meningkatkan Sistem Kesehatan Tubuh

Sayuran kangkung ternyata kaya akan antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker dan penyakit lainnya.

  • Penambah Nafsu Makan

Kangkung dipercaya dapat menambah nafsu makan, jadi untuk anaknya yang sulit diajak makan, kangkung merupakan salah satu solusinya. Selain itu, kangkung juga dapat melancarkan pencernaan, mengatasi perut kembung dan sulit tidur atau insomnia.


Kangkung merupakan jenis bahan makanan yang murah dan rasanya yang lezat saja, namun memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. So, apa salahnya mengkonsumsi kangkung apabila yang di dapat adalah tubuh sehat. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak terlalu lama memasak kangkung atau jenis sayuran lainnya karena dapat mengurangi kandungan di dalamnya. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D