Manfaat Timun Laut / Teripang untuk Kesehatan

Manfaat Makan Teripang / Timun Laut

Teripang merupakan salah satu hewan laut yang berbentuk seperti mentimun, oleh sebab itu dikenal juga dengan timun laut. Meskipun menyerupai mentimun, teripang memiliki tubuh yang lunak tak sekeras mentimun. Teripang sekarang sudah banyak dibudidayakan dan dimanfaatkan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Teripang juga memiliki beberapa macam kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, mineral, asam amino, protein, omega 3, omega 6 dan omega 9, antiseptik, saponin, lektin, Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans dan kolagen. Yang tak kalah menariknya lagi, teripang dapat merangsang sel untuk melakukan regenerasi baik luar ataupun dalam. Sehingga baik untuk pemulihan luka akibat insiden atau setelah menjalankan operasi. Nah untuk lebih jelasnya, simak manfaat teripang atau timun laut berikut ini!


Khasiat & Manfaat Konsumsi Teripang / Timun Laut bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Timun Laut Teripang


  • Mencegah Kanker
Menurut sebuah penelitian, teripang memiliki manfaat untuk mencegah kanker dengan membunuh sel penyebab kanker dan tumor. Sebab adanya kandungan glikosida  dan filinopsida A yang bersifat anti kanker dan anti tumor di dalam teripang. Sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker dan sel tumor untuk tumbuh dan akhirnya mati karena gagal untuk berkembang.

  • Mengatasi Gangguan pada Sistem Pernafasan
Teripang dapat mengatasi masalah atau gangguan pada sistem pernafasan. Sebab adanya kandungan mukopolisakarida yang berguna sebagai anti radang, anti jamur, antivirus dan antibakteri yang mengganggu sistem pernafasan serta organ tubuh lainnya. Sehingga membuat sistem pernafasan kembali normal.

  • Mengatasi Penyakit Ginjal
Teripang memiliki kandungan protein dan senyawa fikosianin yang berguna untuk mengatasi penyakit ginjal. Sebab, kedua kandungan tersebut akan memperbaiki atau meregenerasi jaringan sel yang rusak pada ginjal dan membuat kerja ginjal kembali normal, sehingga terhindar dari penyakit ginjal. Selain itu, senyawa fikosianin bersifat antioksidan dan pelindung bagi ginjal.


Ketimun Laut
Gambar : Kevin Ketimun Laut di Kartun SpongeBob


  • Mengatasi Masalah Lambung
Teripang mengandung kolagen yang tinggi dan antiseptik di dalamnya dapat membantu mengatasi masalah atau gangguan pada lambung. Sebab, kandungan tersebut dapat mengobati luka pada lambung dan mencegah maag akut. Selain itu, teripang juga dapat mengatasi gangguan pencernaan dan melancarkan sistem pencernaan karena kaya akan protein yang di dalamnya.

  • Menyehatkan Tulang dan Sendi
Teripang biasanya diolah menjadi obat herbal dalam bentuk cair, seperti minyak gosok. Nah, minyak tersebut dapat digunakan untuk mengobati sakit pada persendian. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan senyawa chondrotin sulfat yang mempunyai sifat anti inflamasi. Selain itu, dapat pula membantu perbaikan tulang rawan, mencegah osteoporosis dan mencegah gangguan persendian.

Nah, demikian tadi khasiat dan manfaat teripang atau timun laut untuk kesehatan. Jadi, teripang merupakan jenis binatang laut dengan bentuk seperti mentimun yang sudah dibudidayakan dan diolah menjadi produk makanan atau obat herbal berupa minyak teripang atau ekstrak teripang yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D