Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Mental dan Tubuh

Manfaat Tertawa & Tersenyum bagi Kesehatan

Setiap orang pasti pernah tertawa karena melihat atau mendengar hal yang dapat membuat tertawa. Tertawa merupakan hal yang dapat membuat perasaan seseorang menjadi bahagia. Tak hanya itu, ternyata tertawa juga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti menyehatkan jantung, menghilangkan stress dan dapat juga mengeluarkan keringat walaupun tidak melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Sekarang sudah ada terapi yang menggunakan tawa sebagai media penyembuhan. Modalnya hanya tertawa, namun ada caranya tersendiri. 


Manfaat Tertawa bagi Kesehatan Mental dan Fisik


Nah, untuk lebih jelasnya manfaat dari tertawa bagi kesehatan, simak ulasan berikut ini. 



  • Tertawa Mengurangi Tingkat Stress
bayi tertawa
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/id/bayi-tertawa-anak-69137/
Menurut sebuah studi menyatakan jika tertawa dan rasa humor dapat mengurangi tingkat kestressan seseorang serta meminimalkan negatif thinking akibat depresi atau karena rutinitas sehari – hari. Selain itu hanya dengan tertawa rasa kesepian akan berkurang dan menjadikan seseorang selalu berpositif thinking kepada dirinya sendiri. 


  • Menjaga Kesehatan Jantung
Penelitian menyebutkan apabila sedang tertawa dapat membuat aliran darah beredar ke seluruh tubuh yang memiliki kandungan oksigen tinggi akan semakin meningkat. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya pelepasan endorfin. Nah, endorfin inilah yang membuat perasaan stress dan negatif dalam tubuh hilang. Dengan tertawa, jumlah endorfin akan meningkat sehingga dapat membuat jantung sehat. 


  • Melancarkan Peredaran Darah 
Tertawa bisa juga dapat dijadikan sebagai olahraga ringan bagi tubuh yang juga dapat mengeluarkan keringat sama halnya dengan berolahraga. Ketika tertawa jantung memompa darah lebih cepat, sehingga dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. 


  • Membuat Awet Muda
Banyak orang yang berpendapat, apabila sering tertawa dapat membuat awet muda. Hal ini dapat saja terjadi, sebab otot pada wajah akan mengalai peregangan. Sehingga dapat membuat wajah menjadi elastis dan kencang. 


  • Rasa Sakit Menjadi Berkurang
Dengan tertawa dapat meringankan rasa sakit yang diderita akibat penyakit kronis. Menurut sebuah penelitian, tertawa membuat rasa nyaman dan meringankan rasa sakit pada penderita penyakit yang kronis.


  • Mempererat Hubungan 
Menjalin komunikasi dengan keluarga, sahabat, atau teman spesial dengan selingan humor dapat membuat sebuah obrolan tersebut tidak membosankan dan menyenangkan. Selain itu, dapat membuat hubungan semakin erat. 


Jadi, tertawa tidak hanya sebuah perkataan yang tiada manfaatnya. Namun, dibalik tertawa terdapat manfaat yang begitu besar bagi kesehatan dan mempererat hubungan keluarga atau persahabatan. Tapi, jangan tertawa sendirian atau tertawa ketika seseorang mengalami kesulitan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D