-->

Manfaat Tape Singkong bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tape Singkong untuk Tubuh 

Tape singkong merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar singkong, kemudian diolah dengan cara difermentasi dengan ragi. Proses ini memerlukan bantuan jamur  dan harus steril, sehingga dapat menghasilkan tape singkong yang lezat dan nikmat. Fermentasi singkong memerlukan waktu kurang lebih 2 hari 2 malam, lebih dari itu singkong akan lembek dan memiliki kadar alkohol yang tinggi.

Tape yang berasal dari singkong berwarna kuning lebih tinggi kandungan vitamin A daripada singkong berwarna putih. Biasanya tape singkong dibuat sebagai makanan wajib dalam suatu hajatan atau bahan dasar minuman es tape.  Selain itu, tape singkong memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, namun manfaat ini belum banyak yang mengetahuinya. Manfaat tape singkong bagi kesehatan diantaranya :


Khasiat Tape Singkong untuk Kesehatan dan Mencegah Penyakit

Manfaat Tape Singkong


  • Mencegah Pengeroposan Tulang
Tape singkong memiliki kandungan vitamin K yang sangat baik bagi kesehatan tulang. Selain itu, bermanfaat untuk menguatkan tulang, sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

  • Sumber Karbohidrat
Singkong memang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, namun apabila sudah diolah kandungan karbohidrat tersebut meningkat, salah satunya olahan tape singkong.

  • Mencegah Kerusakan Saraf
Vitamin K yang ada dalam tap singkong ternyata juga dapat bermanfaat mencegah terjadinya kerusakan saraf dan menjadi bahan terapi penderita Alzheimer.

  • Mencegah Anemia
Tape singkong ternyata memiliki kandungan vitamin B yang kompleks dan beberapa vitamin lainnya, seperti riboflavin, thiamin dan piridoksin. Nah, kandungan riboflavin inilah yang mencegah terjadinya anemia dengan cara meningkatkan produksi sel darah merah.

  • Mencegah Hipertensi
Kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dapat ditemukan pada  tape singkong, salah satunya kalium. Senyawa kalium inilah yang berguna mengatur tekanan darah, sehingga terhindar dari yang namanya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Melancarkan Pencernaan
Tape singkong memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan kandungan serat yang tinggi inilah dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Selain itu, serat tersebut dapat mencegah penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Nah, itulah tadi khasiat tape singkong bagi kesehatan yang belum banyak diketahui. Jadi, tape singkong merupakan makanan hasil fermentasi singkong dengan bantuan jamur baik. Namun, mengkonsumsi tape singkong jangan terlalu berlebihan karena dapat membuat kepala pusing. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel