Manfaat Sering Mengunyah Permen Karet bagi Kesehatan

Manfaat Mengunyah Permen Karet

Permen karet merupakan makanan yang pernah populer di kalangan anak remaja. Namun, seiring berjalannya waktu sebagian orang menganggap bahwa permen karet hanya dapat merusak gusi dan gigi. Mungkin hal tersebut dikarenakan oleh rasa manis yang pada umumnya terdapat pada permen jenis lainnya. Mengunyah permen karet tidak selalu memiliki dampak negatif terhadap kesehatan, tetapi juga ada manfaat baik yang dapat diperoleh dari mengunyah permen karet, seperti manfaat berikut ini.


Manfaat Mengunyah Permen Karet


  • Membersihkan Gigi
Manfaat sering mengunyah permen karet bagi kesehatan

Image Source: pixabay.com
Dengan mengunyah permen karet kebersihan gigi dan mulut akan terjaga. Mengunyah permen karet juga dapat mencegah terjadinya bau tak sedap pada mulut, meningkatkan produktivitas air liur dan mencegah terjadinya infeksi karena sisa makanan. Air liur manusia selain mengandung enzim juga memiliki kandungan antibakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi.


  • Membantu Program Diet
Mengunyah permen karet dapat membantu program diet, sehingga dapat menurunkan berat badan dan membuat tubuh tampak lebih ideal. Sebab, permen karet memiliki kandungan kalori yang dapat mengurangi rasa lapar dan pas untuk dijadikan camilan yang tidak pernah habis. Mengunyah permen karet tidak akan mengurangi nafsu dan selera makan.


  • Meningkatkan Kemampuan Mengingat
Apabila ingin kemampuan mengingat lebih tajam, kunyahlah permen karet. Kebiasaan ini sudah terbukti dapat meningkatkan memori pada otak, menyehatkan jantung dan melancarkan peredaran darah yang membawa oksigen ke otak.


  • Menyehatkan Sistem Pencernaan
Dengan mengunyah permen karet sesudah makan dapat menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan. Sebab, mengunyah permen karet meningkatkan produktivitas air liur yang dapat menurunkan kadar asam di lambung. Sehingga terhindar dari penyakit maag dan asam lambung.


  • Menenangkan Pikiran
Mengunyah permen karet sambil bersantai dapat menenangkan pikiran akibat stress karena pekerjaan atau aktivitas sehari – hari. Ketika sedang merasa bad mood, frustrasi, emosi, atau tegang kunyahlah permen karet supaya pikiran kembali tenang kembali.


Jadi, mengunyah permen karet ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun, perlu diperhatikan pula jenis permen karet yang baik bagi kesehatan. Pilih permen karet yang rendah gula atau mengandung mint karena dapat membuat nafas segar. Selain itu, jangan sampai menelan permen karet yang sudah dikunyah, pastikan untuk membuangnya setelah dirasa tidak lagi enak di mulut dan jangan mengunyah permen karet yang sama sebanyak dua kali sebab sudah terkontaminasi dengan bakteri atau kuman. Jangan lupa juga untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsinya.

Semoga artikel diatas bermanfaat, kalau ada kesalahan ataupun kekurangan mohon maaf dan terima kasih karena sudah berkenan untuk membacanya! :-)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D