Manfaat Sayur Kale bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kale bagi Kesehatan Tubuh

Kale atau juga dikenal dengan sebutan borecole merupakan jenis sayuran yang masih satu keluarga dengan brokoli, kubis dan kailan. Tanaman yang bernama ilmiah Brassica oleracea var. dapat hidup di dataran tinggi dan sudah banyak di tanaman di seluruh dunia. Di Indonesia, kale dapat kita temukan di daerah dataran tinggi, seperti bandung, bogor, malang dan wilayah tinggi lainnya yang menanam tanaman kale ini.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kale

Manfaat Sayur Kale


Kale memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut seperti protein, kalori, lemak 0,4 gr, vitamin A, vitamin B1,2,3,6, dan 9, vitamin C, vitamin D, vitamin E, magnesium, kolin, zat besi, mangan, garam dan fosfor. Dari sekian banyaknya kandungan kale, tak khayal jika jenis sayuran ini paling banyak di cari di seluruh dunia. Lalu apa saja manfaat kale bagi kesehatan, simak penjelasannya berikut ini!

  • Memperlancar Pencernaan

Kale dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga terhindar dari sembelit dan mengatasi susah buang air. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi, rendah kalori dan lemak dalam sayuran kale. Selain itu, ada pula kandungan vitamin folat, nutrien dan magnesium.

  • Mencegah Anemia dan Melancarkan Sirkulasi Darah Dalam Tubuh

Tingginya zat besi dalam kale yang melebih jumlah zat besi dalam daging sangat baik untuk mencegah terjadinya anemia. Selain itu, zat besi juga dibutuhkan untuk membentuk enzim dan hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

  • Mencegah Penyakit Alzheimer

Kale memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Kandungan tersebut sangat diperlukan untuk mencegah pembekuan darah, sehingga resiko terkena penyakit Alzheimer dapat berkurang. Selain itu, vitamin K juga berguna dalam proses pembentukan tulang, terutama bagi anak – anak di usia pertumbuhan.

  • Mencegah Kanker

Kale mengandung antioksidan yang berguna untuk memerangi radikal penyebab tumbuhnya sel kanker. Antioksidan tersebut seperti flavonoid dan karotenoid.

  • Mengatasi Penyakit Arthritis

Bagi penderita penyakit arthritis dapat diobati dengan sayuran kale yang dibuat sup. Dalam sayuran kale memiliki kandungan senyawa anti inflamasi dan omega-3 sebanyak 10%. Selain itu, sup kale juga mampu mengobati penyakit autoimun dan asma.


Nah, demikian tadi beberapa manfaat dari sayur kale bagi kesehatan. Jadi, kale merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai manfaat yang begitu besar bagi tubuh. Sehingga sayuran ini sangatlah dicari di seluruh dunia karena segudang manfaatnya. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D