5 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Konsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan


Rumput lau merupakan tanaman laut yang dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Rumput laut memiliki beragam jenis, seperti nori, sea lettuce, dulse, kombu, dan bladderwrack. Semua jenis rumput laut tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. 


Kandungan & Khasiat Rumput Laut bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Rumput laut memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi, seperti vitamin A dan B12, kalsium, yodium, zat besi dan kalium. Kandungan kalsium dalam rumput laut lebih tinggi daripada yang ada dalam susu, daging sapi dan brokoli. 


Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan Tubuh Manusia


  • Melancarkan Pencernaan

Rumput laut kaya serat dan sangat mudah diserap oleh tubuh. Sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan, terhindar dari penyakit pencernaan dan meningkatkan populasi bakteri baik dalam perut. 


  • Menurunkan Berat Badan 

Rumput laut tidak memiliki kandungan kalori atau lemak sedikit pun di dalamnya. Jadi, sangat baik untuk menurunkan berat badan dan wajib dimasukkan ke dalam daftar menu diet. Rumput laut mengandung yodium yang dapat menyehatkan kelenjar tiroid. Tiroid mampu mengatur sistem metabolisme tubuh, sehingga membuat berat badan menjadi ideal dan seimbang. Selain itu, terdapat juga kandungan mineral yang dapat membakar dan menghancurkan lemak dalam tubuh. 


  • Mencegah Kanker 

Kandungan antioksidan dapat kita temukan di dalam rumput laut, yang disebut lignam. Kandungan tersebut dapat menangkal radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian menunjukan jika rumput laut tingi akan kandungan asam folat yang mampu mencegah sel kanker pada usus besar. 


  • Mengeluarkan Racun

Rumput laut dapat melakukan detoksifikasi atau membunuh racun dalam tubuh akibat seringnya terpapar polusi dan racun. Sebab rumput laut memiliki kandungan klorofil yang berguna membantu tubuh melakukan detoksifikasi  secara alami. 


  • Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Rumput laut memiliki kandungan yodium yang dapat menjaga kesehatan kelenjar tiroid dalam tubuh. Apabila tidak ada yodium dalam tubuh, proses sintesis hormon tidak akan terjadi. 


Demikian tadi manfaat dari rumput laut bagi kesehatan. Jadi, rumput laut memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, seperti sebagai penangkal racun dalam tubuh akibat polusi. Sehingga mengkonsumsi rumput laut sangat dianjurkan demi kesehatan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D