Manfaat Mengkonsumsi Keju Setiap Hari untuk Kesehatan

Manfaat Makan Keju bagi Kesehatan Tubuh

Keju merupakan salah satu produk dari susu yang sudah mengalami fermentasi sehingga mengeras. Keju memiliki rasa manis dan gurih, sehingga memiliki banyak penggemar. Keju memiliki berbagai macam jenis dan dari semua jenis keju tersebut memiliki manfaat yang besar bagi tubuh karena kandungannya.

Banyak spekulasi mengenai kapan dan dimana ditemukannya keju. Namun, ada yang bilang jika keju ditemukan di kawasan Timur Tengah dan ada pula yang beranggapan jika keju ditemukan pada jaman romawi.


Kandungan & Khasiat Makan Keju untuk Kesehatan

Keju merupakan makanan yang padat tapi lembut saat dimakan dan kaya akan kandungan nutrisi di dalamnya. Keju memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, B6 dan B12, vitamin C, Vitamin D, vitamin E, vitamin K, kalsium, seng, fosfor, natrium, zat besi dan kalium. Semua kandungan tersebut memiliki masing – masing manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, apa saja manfaat dari keju bagi kesehatan? Simak terus ya!

  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Manfaat Makan Keju Setiap HariKeju yang berbahan dasar susu otomatis memiliki kandungan kalsium dan vitamin B yang sangat tinggi. Fungsi dari kalsium adalah menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis dan baik untuk anak di usia pertumbuhan. Sedangkan vitamin B akan membantu tubuh untuk dapat menyerap dan mengedarkan dalam tubuh. Selain itu, kalsium juga dapat membuat gigi sehat dan terhindar dari gigi berlubang. Sebab kadar laktosa pada keju akan menjadi sangat rendah apabila proses fermentasi dalam waktu yang lama. Laktosa merupakan jenis dari gula yang dapat membuat gigi berlubang.

  • Menaikkan Berat Badan
Keju sangat cocok bagi orang kurus yang menginginkan badan gemuk atau berisi. Sebab, keju memiliki kandungan kalsium untuk kekuatan tulang, lemak untuk menambah volume badan, vitamin, protein untuk menjaga kesehatan otot, dan mineral yang baik untuk proses penggemukan. Namun, keju sangat tidak dianjurkan bagi seseorang yang menjalankan program diet atau orang gemuk yang dapat mengakibatkan obesitas.

  • Mencegah Kanker
Manfaat keju juga dapat mencegah timbulnya penyakit kanker. Sebab keju memiliki kandungan konjugasi asam sphingolipids dan linoleic yang dapat mencegah kanker.

  • Mencegah Penyakit Beri – Beri
Keju dapat mencegah penyakit beri – beri. Hal ini karena keju memiliki kandungan vitamin B yang tinggi akibat proses fermentasi. Selain itu, vitamin B juga dapat menjaga kesehatan fungsi saraf pada otak.

Tips Memilih Dan Menyimpan Keju yang Baik dan Benar


Ada banyak jenis keju yang dihasilkan dan tersebar di setiap penjuru dunia. Untuk itu kita haru pandai memilih keju yang masih bagus dan baik. Jika memilih keju yang tahan lama pilih keju hasil fermentasi, meskipun dibiarkan beberapa lama masih dapat dikonsumsi. Sedangkan untuk keju yang masih segar dan tanpa bahan pengawet akan mudah rusak dan tidak bertahan begitu lama hanya bertahan beberapa hari saja. Selain itu, bagi penderita hipertensi, penyakit jantung, obesitas dan kolesterol disarankan untuk memilih keju yang mengandung lemak rendah.

Untuk menyimpan keju alangkah baiknya simpan pada kulkas atau lemari pendingin agar tetap terjaga kesegarannya. Sebelum mengkonsumsi keju, jangan langsung makan dari kulkas. Sebaiknya biarkan beberapa menit agar keju dingin dan setara dengan suhu ruangan supaya rasanya tetap nikmat.

Nah, itulah tadi manfaat mengkonsumsi keju bagi kesehatan dan tips memilih dan menyimpan keju yang baik dan benar. Jadi, keju merupakan makanan yang sudah lama ditemukan dan sudah banyak ditemukan bagaimana cara membuat keju yang menyehatkan bagi tubuh, seperti keju rendah lemak. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D