Manfaat Makanan Pahit bagi Tubuh dan Kesehatan

Makanan Pahit Kaya Manfaat bagi Kesehatan

Makanan pahit, pasti kebanyakan orang tidak menyukai makanan yang mempunyai rasa yang pahit. Misalnya, daun pepaya, biji mahoni dan pare yang kebanyakan orang menghindarinya dan hanya digunakan sebagai bahan makanan jika hanya digunakan sebagai obat saja. Padahal, semua bahan makanan tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara rutin. seperti pare yang dapat dijadikan sayur pare, sedangkan daun pepaya dapat dijadikan kulup atau lalapan matang.

Manfaat Makanan Pahit bagi Tubuh Sehat

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari makanan pahit yang sering kita hindari bagi kesehatan.

Konsumsi Makanan Pahit

  • Membantu Pencernaan

Makanan yang memiliki rasa pahit, saat kita konsumsi akan memproduksi enzim pencernaan di dalam tubuh, sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan. Dengan lancarnya sistem pencernaan tersebut, maka nutrisi dapat dengan mudah diserap oleh tubuh.

  • Mengandung Mineral dan Vitamin yang Tinggi

Sayuran yang mempunyai rasa pahit, contohnya pare mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. makanan yang berasa pahit mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium dan kalsium di dalamnya. Selain itu, terdapat pula kandungan foliate dan serat, tetapi rendah lemak dan sodium.

  • Menangkal Radikal Bebas

Makanan pahit, salah satunya coklat yang belum diolah sehingga masih memiliki rasa pahit mempunyai kandungan antioksidan. Kandungan tersebut dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dan penyakit yang menyerang sistem syaraf.

  • Menghilangkan Racun pada Liver

Makanan pahit ternyata dapat membuang racun yang ada dalam tubuh, salah satunya pada liver. Liver memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, untuk menjaganya agar tetap sehat dapat mengkonsumsi makanan pahit, seperti sayuran kale yang kaya akan manfaat bagi tubuh dan sayuran yang memiliki kandungan phytonutrien. Kandungan tersebut dapat menghilangkan racun, menjaga kadar kolesterol dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

  • Mengurangi Kecanduan Makanan Manis

Terlalu sering makan makanan manis memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh, sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit seperti diabetes dan obesitas. Untuk mengatasinya dapat mengkonsumsi makanan yang mempunyai rasa pahit agar menekan kecanduan akan makanan yang manis – manis.


Memang makanan pahit tidak banyak orang yang suka dan tidak cocok dengan lidah, namun jangan salah dibalik rasanya yang pahit tersebut tersimpan khasiat dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, apa salahnya mengkonsumsi makanan pahit demi kesehatan tubuh. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D