Manfaat Makan Kismis bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kismis bagi Kesehatan

Kismis merupakan salah satu olahan berbahan dasar buah anggur yang telah dikeringkan. Kismis sering kita jumpai sebagai olahan kue dan makanan lainnya. Kismis memiliki rasa yang lezat dan manis, selain itu juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya lagi simak terus penjelasannya berikut ini.

Manfaat Konsumsi Kismis bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Kismis

  • Mencegah Kanker

Kismis mengandung polifenol, merupakan salah satu jenis antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dan sel tumor dalam tubuh. Untuk itu, perbanyak mengkonsumsi kismis agar terhindar dari yang namanya kanker.

  • Menyehatkan Gigi

Kismis dikenal dengan rasanya yang manis, namun baik bagi kesehatan gigi. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam oleanolic yang berguna untuk melindungi gigi keropos dan pembusukan. Selain itu, kandungan asam tersebut dapat membunuh kuman bakteri yang mengakibatkan bau tidak sedap dalam mulut.

  • Melancarkan Pencernaan

Kismis memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga mampu melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan serat yang begitu tingginya juga dapat menyembuhkan sembelit atau sulit buang air besar.

  • Mencegah Maag

Maag merupakan penyakit yang diakibatkan tingginya kandungan asam pada lambung. Untuk mengatasi dan mencegahnya dapat menggunakan kismis yang dikonsumsi setiap harinya. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan kalium di dalamnya.

  • Mengobati Anemia

Kandungan vitamin B kompleks, mineral dan zat besi di dalam kismis mampu menambah jumlah darah. Sehingga, mengobati sekaligus mencegah terjadinya anemia.

  • Mencegah Penyakit Mata

Kismis juga memiliki kandungan antioksidan jenis fitonutrien yang dapat memerangi radikal bebas penyebab kerusakan pada mata. Sehingga membuat mata lebih sehat dan terhindar dari penyakit mata.

  • Memperkuat Tulang

Kandungan kalsium dan zat besi di dalam kismis sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. Apalagi bagi anak – anak pada masa pertumbuhan dan perkembangan yang memerlukan asupan kalsium agar membantu proses pertumbuhan tersebut.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Kismis kaya akan fruktosa dan glukosa yang dapat membuat penyerapan vitamin menjadi meningkat, sehingga yang di dapat adalah sistem imun menjadi meningkat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang sistem kekebalan.


Kismis merupakan makanan yang mempunyai bentuk yang kecil, namun mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Jadi, mengkonsumsi kismis tidaklah membahayakan bagi tubuh apabila dalam porsi yang wajar. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D