Manfaat Labu Siam Rebus untuk Diet dan Kesehatan

Manfaat Konsumsi Labu Siam Rebus untuk Kesehatan & Program Diet


Labu siam merupakan jenis tanaman yang hidup merambat pada batang atau kayu. Tanaman ini dapat hidup di tanah basah dan lembab dengan proses pertumbuhan yang sangat cepat. Labu siam memiliki kulit tipis, terdapat beberapa alur disertai bulu halus di permukaannya dan berwarna hijau. Labu jenis ini dapat dipanen sekitar kurang lebih 1 bulan setelah penyerbukan dan memiliki rasa ringan serta renyah. 

Kandungan & Khasiat Labu Siam Rebus untuk Kesehatan Tubuh & Diet Menurunkan Berat Badan


Labu siam memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti vitamin B kompleks, vitamin C, folat, fosfor, mangan, seng, tembaga, dan zat besi. Kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat Labu Siam Rebus untuk Diet & Kesehatan Tubuh



  • Menjaga Kesehatan Jantung

Sama dengan jenis labu lainnya, labu siam memiliki kandungan kalori yang rendah dan kadar kolesterol atau lemak jenuh yang hampir tidak ada di dalamnya. 


  • Menurunkan Berat Badan 

Labu siam sangat cocok untuk dijadikan menu program penurunan berat badan. Sebab labu siam memiliki kandungan serat yang tinggi dan sering direkomendasikan sebagai makanan wajib dalam program diet. 


  • Mencegah Kanker 

Labu siam memiliki kandungan antioksidan jenis flavonoid yang berguna menangkal radikal bebas karena polusi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut dapat menghambat penuaan dini dan penyakit lainnya seperti tumor. Labu siam juga mengandung vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan harian. 


  • Mencegah dan Mengobati Hipertensi

Labu siam juga dapat mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebab adanya kandungan kalium di dalam labu siam yang dapat menghadapi efek sodium, apabila terlalu banyak dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah. Selain itu, labu siam juga dapat mengobati hipertensi karena mempunyai sifat diuretik yang ringan. Sudah ada produk teh dari labu siam yang berguna untuk menurunkan hipertensi. 


  • Mencegah Cacat Mental Pada Janin

Labu siam memiliki kandungan vitamin B yang kompleks dan asam folat yang cukup bisa memenuhi kebutuhan per harinya. Kegunaan kandungan tersebut adalah mencegah terjadinya cacat mental dan gangguan saraf pada bayi di dalam kandungan sebelum dan sesudah masa kehamilan. 



Nah, itulah tadi manfaat dari labu siam untuk kesehatan. Jadi, labu siam merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin B kompleks dan asam folat . Namun, perlu diperhatikan juga untuk selalu berhati – hati pada getah yang dikeluarkan oleh labu siam, sebab dapat menimbulkan reaksi terhadap kulit seperti kesemutan atau mati rasa sementara. Untuk itu, sebaiknya gunakan sarung tangan dan kupas di bawah air mengalir.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D