Manfaat Rebusan Daun Sukun Kering / Muda untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Khasiat Daun Sukun Muda / Kering dan Cara Pengolahannya

Sukun merupakan tanaman yang buahnya hampir mirip dengan buah nangka dan buah durian. Tanaman yang bernama latin Artocarpus altilis memiliki buah berbentuk bulat dengan duri yang tidak setajam buah nangka atau durian. Daging buahnya sangat empuk, serasa seperti makan roti. Selain itu, buah sukun biasa diolah sebagai camilan berupa kripik di beberapa daerah di Indonesia. Sedangkan untuk buah sukun yang masih muda dijadikan sayur lodeh yang memiliki cita rasa yang nikmat. Namun, tidak hanya buah sukun saja yang bermanfaat, daun sukun juga memiliki manfaat yang tidak kalah bagusnya bagi kesehatan.

Menurut penelitian, daun sukun memiliki manfaat untuk mengobati  penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan penyakit kronis lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam daun sukun yang dapat mengobati penyakit tersebut. Di dalamnya terdapat kandungan tannin, polifenol, quercetin, artoindosionin dan asam hidrosionat. Selain itu, terdapat pula kandungan antioksidan jenis flavonoid dan jenis senyawa lainnya di dalam daun sukun.


Khasiat Rebusan Daun Sukun untuk Sakit Jantung, Batu Ginjal, dll dan Cara Pengolahannya

Manfaat Rebusan Daun Sukun


  • Mencegah Diabetes
Seiring berjalannya waktu, sudah banyak penelitian yang dilakukan dengan daun sukun dan mengungkapkan manfaat sari daun sukun tersebut. Manfaat itu salah satunya adalah dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan mencegahnya. Sebab kandungan antioksidan jenis flavonoid dalam daun sukun yang telah diisolasi memiliki sifat anti diabetes kuat yang mampu mencegah dan mengobati diabetes.

  • Mengatasi Penyakit Ginjal
Daun sukun memiliki kandungan kalium, polifenol, saponin, asam hidrosianat, tanin, riboflavin, phenol, asetilkolin, dan tannin yang memiliki manfaat mengatasi penyakit ginjal, seperti batu ginjal. Kandungan kalium di dalam daun sukun akan menghancurkan gumpalan berupa batu pada ginjal yang akan larut bersama urine, sehingga ginjal dapat berkerja secara normal kembali. Daun sukun biasanya diolah menjadi teh yang dapat dikonsumsi dalam keadaan hangat setiap harinya. Walaupun belum ada pembuktian secara medis, sudah banyak orang yang menggunakan daun sukun sebagai obat ginjal dan terbukti khasiatnya.

  • Menjaga Kesehatan Jantung
Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun sukun memiliki kandungan antioksidan jenis sitoserol dan flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya dapat menangkal radikal bebas akibat polusi, sehingga terhindar dari penuaan dini dan mencegah timbulnya sel kanker serta tumor dalam tubuh.

  • Mengatasi Asam Urat
Bagi penderita asam urat, konsumsi teh daun sukun dan menyeduhnya dengan air panas, lalu tunggu sampai hangat dan jangan lupa tambahkan gula atau madu secukupnya.

  • Menurunkan Jumlah Kolesterol
Jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Untuk mengatasi peningkatan kolesterol dapat dilakukan dengan mengkonsumsi teh daun sukun yang diseduh bersama bangle, lalu minum dalam keadaan hangat.

  • Mencegah Peradangan dan Inflamasi
Untuk mengatasi peradangan dan inflamasi dapat menggunakan daun sukun. Caranya cukup mudah, pertama – tama siapkan satu lembar daun sukun tua, cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus sampai mendidih dengan air sebanyak 5 gelas penuh hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan daun sukun setiap hari.


Demikian tadi, manfaat daun sukun bagi kesehatan. Jadi, sukun tidak hanya dikenal dengan buahnya yang dapat dijadikan keripik atau dapat pula bermanfaat membatu program diet karena rendah kalori dan kaya akan serat saja, namun bagian daunnya tidak kalah bermanfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Artikel Lainnya :-D