Manfaat Kerang Hijau bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mengkonsumsi Kerang Hijau untuk Kesehatan

Makanan merupakan salah satu hal yang terpenting untuk kelancaran kelangsungan hidup manusia. Untuk itu, makanan yang sehat dan bergizi tinggi sangat penting bagi kesehatan. Ada banyak makanan di bumi ini, bisa berasal dari darat atau laut, contohnya sea food. Sea food atau nama lain dari makanan laut yang berupa makanan berbahan dasar binatang di laut yang dapat dimakan, seperti ikan, cumi – cumi, kerang, lobster, atau kerang.

Nah, kali ini akan membahas salah satu sea food yakni kerang hijau. Sesuai dengan namanya, kerang ini memiliki warna kulit kerang hijau dan kaya akan kandungan omega 3 di dalamnya. Olahan kerang ini bisa ditemukan di restoran atau warung seafood terdekat. Atau dapat juga ditemukan di pasar ikan atau pasar swalayan, lalu diolah sendiri dengan saus asam pedas manis atau saus tiram. Selain lezat, kerang hijau memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Nah, apa sajakah manfaat yang didapat saat mengkonsumsi kerang hijau ini, berikut manfaatnya.


Khasiat & Manfaat Makan Kerang Hijau 


  • Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat Kerang HijauKandungan omega 3 di dalam kerang hijau dapat mencegah penyakit kardiovaskuler dan menyehatkan jantung. Kandungan tersebut dapat memperlancar peredaran darah sehingga kesehatan jantung tetap terjaga. Selain itu, kandungan mineral dalam kerang hijau juga dapat mengoptimalkan kerja otak.

  • Menyehatkan Kulit
Kerang hijau memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi dan zat besi di dalamnya. Kedua kandungan tersebut bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Omega 3 membantu mengatasi penuaan dini, mencegah jerawat, dan menghilangkan bintik hitam atau flek pada wajah. Sedangkan zat besi membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

  • Mengatasi Gangguan Pernafasan
Dengan adanya kandungan karbohidrat, asam amino, vitamin B12 dan omega3 dalam kerang hijau dapat mencegah gangguan pada sistem pernafasan seperti asma, sesak nafas, dan bronkitis.

  • Mengatasi Nyeri Sendi
Manfaat lainnya dari kerang hijau adalah dapat mengatasi nyeri sendi. Selain itu, adanya kandungan vitamin B12 dan Vitamin C di dalamnya dapat meningkatkan sistem imun serta fungsi saraf.

Nah, itulah tadi manfaat mengkonsumsi kerang hijau untuk kesehatan. Jadi, makanan sea food seperti kerang hijau memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. So, tidak salah mengkonsumsi sea food. Namun, tidak begitu dianjurkan bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet karena tinggi kandungan lemak. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D