Manfaat Kaktus Pir Berduri bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kaktus Pir Berduri 


Kaktus pir merupakan tanaman yang bernama ilmiah Opuntia ficus Indica dan berasal dari kawasan Meksiko. Tumbuhan ini tumbuh banyak dan bisa kita jumpai di Indonesia. Kaktus pir ini dapat tumbuh mencapai 4 meter dan dapat bertahan tanpa air. Sebab tumbuhan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan yang kering dengan iklim yang panas. Kaktus jenis ini berbeda dengan jenis – jenis kaktus lainnya karena dapat berbuah, sedangkan kaktus jenis lainnya tidak memiliki buah hanya berduri saja. 

Kaktus ini mudah sekali untuk dikembangbiakkan dan buahnya juga sudah dimanfaatkan dalam berbagai macam olahan. Selain itu, buahnya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menurunkan berat badan dan penambah stamina.



Kandungan & Khasiat Buah Kaktus Pir Berduri untuk Kesehatan

Buah kaktus pir ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori 41 Kal, karbohidrat 9%, protein, serat 3,5%, air 85.6%, lemak, abu, tinggi kalsium, kalium, magnesium, fosfor, tembaga, selenium, natrium, dan zat besi. Sehingga menjadikan buah ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 


Manfaat Kaktus Pir Berduri



  • Menurunkan Berat Badan

Buah kaktus jenis ini sangat bagus sebagai menu diet. Sebab, memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat menahan rasa lapar lebih lama. Selain itu, kandungan serat tersebut dapat melancarkan pencernaan dan mencegah penyakit pencernaan, seperti wasir. 


  • Mencegah Dehidrasi 

Kaktus pir memiliki buah dengan kandungan air yang sangat banyak sekitar 85.6%. Sehingga dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. 


  • Menambah Tenaga

Kaktus pir memiliki kandungan dan sifat yang menyegarkan, sehingga dapat membuat tubuh kembali bertenaga. 


  • Mengatasi Batu Ginjal

Buah kaktus jenis ini memiliki sifat depurative yang dapat membantu mengatasi batu ginjal. Selain itu, buahnya juga dapat membasmi parasit yang ada dalam usus. 


  • Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium yang tinggi juga dapat membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi pada anak – anak. Selain itu, kandungan zat besi dalam buah kaktus pir dapat mencegah dan mengobati anemia.



Demikian tadi manfaat bauh kaktus pir bagi kesehatan. Jadi, buah dari kaktus pir merupakan buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Sebagai tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia, alangkah baiknya jika dilakukan pembudidayaan agar dapat dijadikan sumber penghasilan bagi masyarakat.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D