Manfaat Jagung Manis Rebus untuk Ibu Hamil

Jagung manis merupakan salah satu jenis jagung yang banyak digemari, apalagi jika dibakar atau direbus dan disajikan dalam keadaan hangat serta di musim hujan seperti sekarang ini. Jagung manis yang direbus memang lezat dan enak, namun siapa yang menyangka jika jagung manis direbus memiliki manfaat  bagi ibu hamil.

Jagung manis memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin yang di kandungan.  Perhatikan tabel berikut!

Kandungan
Jumlah/tangkai
Vitamin B12
60 microgram
Karbohidrat
26, 70 gram
Lemak
1,90 gram
Kalori
120 Kal
Protein
5 gram
Glukosa
8,90 gram
Serat
3 gram
Kalium
386 mg

Nah, itulah kandungan nutrisi dari jagung manis. Lalu, manfaat apa saja yang di dapat untuk ibu hamil jika mengkonsumsinya? Simak ulasan berikut ini!

Manfaat Makan Jagung Manis Rebus pada Masa Kehamilan

Manfaat Jagung Manis Rebus bagi Ibu Hamil

  • Mencegah Cacat Tulang Belakang dan Sistem Saraf pada Bayi
Jagung manis memiliki kandungan vitamin B12 dan folat. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat tulang belakang dan sistem saraf pada bayi. Selain itu, juga dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita yang ingin memiliki anak dan juga dapat mencegah hidrosefalus. Sehingga sangat dianjurkan bagi wanita yang ingin hamil dan pada masa kehamilan untuk mengkonsumsi jagung manis yang direbus atau olahan lainnya.

  • Mencegah Sembelit
Sembelit atau susah buang air besar sering dialami oleh para ibu pada saat masa kehamilan. Kondisi ini dapat membuat tidak nyaman dan rasa sakit saat buang air. Dengan adanya kandungan serat yang cukup tinggi pada jagung manis dapat dijadikan salah satu obat sembelit yang sedang di derita ibu hamil.

  • Mencegah Diabetes dan Hipertensi
Jagung manis memiliki kandungan agen anti kanker dan glukosa yang alami. Kedua kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk mencegah diabetes, hipertensi dan kanker.

  • Mencegah Penyakit Mata
Kandungan beta karoten dalam jagung yang masih berwarna kuning cukup tinggi. manfaat dari beta karoten tersebut ialah menjaga kesehatan mata ibu dan juga bayi dalam kandungan dan terhindari dari cacat mata.

  • Mencegah Anemia
Jagung manis memiliki kandungan mineral, seperti kalium, tembaga dan zat besi. Semua kandungan mineral tersebut berguna untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil, menambah jumlah darah dan mencegah hipertensi.


Nah, itulah tadi khasiat dari jagung manis bagi ibu hamil. Jadi, jagung manis tidak hanya manis dan lezat rasanya, namun memiliki kandungan dan manfaat yang baik kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di kandungan. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D