Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan

Manfaat Daun Thyme untuk Kesehatan

Daun thyme merupakan salah satu bumbu dapur yang populer di kawasan Eropa dan sekitarnya. Bagi masyarakat Indonesia tanaman ini kurang begitu populer, sehingga tidak banyak orang yang menggunakan tanaman ini untuk memasak. Tidak hanya sebagai bumbu dapur saja, daun thyme memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan.

Daun thyme memiliki kandungan antioksidan jenis flavonoid yang sangat tinggi. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin K, zat besi, anti inflamasi, zat besi, kalsium dan mangan. Nah, untuk lebih jelasnya lagi tentang apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari daun thyme? Simak terus ya!


Khasiat Daun Thyme bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Thyme


  • Kaya Antioksidan
Daun thyme memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Flavonoid merupakan salah satu jenis antioksidan yang memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah tumbuhnya sel kanker atau tumor pada tubuh. Selain itu, melindungi tubuh dari stress oxidative yang dapat mengakibatkan penyakit jantung.

  • Mencegah Peradangan Kronis
Daub thyme memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengatasi dan mencegah terjadinya peradangan kronis dalam tubuh.

  • Mengatasi Penyakit Sistem Pernafasan
Daun thyme yang diseduh dengan air hangat dapat mengatasi masalah atau gangguan pada sistem pernafasan, seperti batuk, pilek, influenza dan bronkitis. Tak hanya itu, daun thyme juga memiliki kandungan anti bakteri yang dapat mencegah penyakit karena virus, jamur, bakteri dan bisa juga mengatasi jerawat.  

  • Mencegah Anemia
Daun thyme mempunyai kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat mengobati dan mencegah terjadinya anemia yang dapat mengakibatkan kelelahan. Biasanya penyakit anemia sering diderita oleh para wanita.

  • Menyehatkan Tulang dan Gigi
Kandungan Kalsium, Vitamin K, dan mangan dapat membuat tulang dan gigi menjadi kuat. Jadi, sangat baik bagi anak – anak di usia pertumbuhan dan bagi orang yang sudah lanjut usia yang rentan sekali terkena penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Demikian tadi manfaat dari daun thyme bagi kesehatan. Jadi, daun thyme tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, namun juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D