Manfaat Daun Suji untuk Obat Alami Penyakit

Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan

Daun suji mungkin tidak lah asing bagi kita yang suka bergelut di dunia masak memasak. Yaps, daun suji merupakan tanaman yang biasa kita gunakan sebagai pewarna alami makanan dengan warna hijau. Daun suji atau nama keren nya Pleomale agusitifolia memiliki wangi harum dan khas.

Daun suji merupakan salah satu jenis dari kelompok pandan yang memiliki bentuk tulang daun seperti pandan atau melengkung. Pada setiap tepi daunnya terdapat duri kecil yang tidak begitu tajam. Selain dimanfaatkan sebagai pewarna makanan, daun suji juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Mungkin hal tersebut belum banyak yang mengetahuinya. 

Manfaat Daun Suji untuk Obat Batuk, Disentri, Kencing Nanah dll.

Manfaat Daun Suji


Nah, dari pada Anda penasaran apa saja manfaatnya bagi kesehatan dan bagaimana cara mengolah daun suji sebagai obat, simak terus uraiannya berikut ini.

  • Mengobati Batuk

Bagi Anda yang sedang menderita batuk yang belum hilang cobalah menggunakan daun suji sebagai obat nya. Caranya, siapkan beberapa daun suji, lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya haluskan daun tersebut dan tambahkan air secukupnya, lalu peras hingga keluar airnya. Saring kembali air perasan tadi dan minum dua kali sehari.

  • Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit yang pada sistem pencernaan yang sering menyerang balita sampai orang dewasa. Untuk mengobatinya Anda dapat menggunakan daun suji yang direbus dengan air secukupnya hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum satu kali per hari satu gelas selagi hangat.

  • Mengobati Kencing Bernanah

Caranya, ambil daun suji secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan air secukupnya pula sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum dua gelas air rebusan tersebut  satu kali per hari.

  • Obat Masalah Datang Bulan

Caranya, siapkan daun suji yang sudah dicuci hinga bersih, kemudian rebus dengan air secukupnya hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan tadi satu gelas per harinya secara teratur selagi hangat.


Nah, itulah tadi manfaat dari daun suji bagi kesehatan. Ternyata tidak hanya dimanfaatkan sebagai pewarna makanan saja, daun suji ternyata juga memiliki manfaat dibidang kesehatan yang belum banyak orang yang mengetahuinya. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D