Manfaat Buah Jambu Air Merah, Putih, Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Air Merah / Putih / Hijau bagi Tubuh

Jambu air merupakan salah satu dari beberapa jenis jambu yang memiliki kadar air yang sangat banyak dari pada jenis jambu lainnya. Tanaman ini berasal dar kawasan Asia bagian tenggara, termasuk Indonesia dan mudah dijumpai di perkerangan rumah atau di kebun. Jambu air juga dibedakan menjadi beberapa jenis lagi, yaitu jambu air berwarna merah dan jambu air berwarna hijau dan serta ada pula yang berwarna putih saat masak. Jambu air memiliki rasa yang manis dan segar saat sampai di tenggorokan.

Kandungan & Khasiat Jambu Air bagi Kesehatan Tubuh & Kecantikan Kulit

Manfaat Buah Jambu Air Merah, Putih, Hijau


Jambu air ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Seperti vitamin, mineral dan antioksidan, sehingga membuat jambu air bermanfaat bagi tubuh, seperti berikut ini.

  • Menyegarkan Tubuh
Jambu air  yang memiliki kadar air yang sangat tinggi, hampir 93% dari keseluruhan buahnya. Oleh sebab itu, jambu air dapat mendinginkan tubuh karena panas dalam atau sebagai akibat terik sinar matahari. Jambu air juga memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi.

  • Melancarkan Pencernaan
Karena tingginya kadar air dan ada sedikit serat dalam buah jambu air dapat bermanfaat melancarkan pencernaan. Selain itu, jambu air juga dapat menyehatkan organ ginjal.

  • Menjaga Kecantikan
Kandungan vitamin C dalam buah jambu air ternyata dapat menjaga kecantikan kulit sehingga terhindar dari penuaan dini dan dapat menjaga kulit agar tetap lembab. Selain itu, jambu biji juga terdapat antioksidan yang mampu menangkal adanya radikal bebas akibat polusi.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan
Selain vitamin C, vitamin A dalam buah jambu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh selain menjaga kesehatan mata. Sebab, vitamin A akan meningkatkan kinerja sel darah putih yang bertugas sebagai antivirus dan antibody dalam tubuh. Sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang sistem imun.

Nah, demikian tadi manfaat mengkonsumsi jambu air bagi kesehatan. Jadi, jambu air merupakan tumbuhan yang sangat tinggi kandungan airnya, sehingga juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi dan beberapa manfaat lainnya bagi tubuh. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi jambu air sebab dapat mengakibatkan begah dan kurang nafsu makan. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D