Manfaat Buah Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Belimbing Wuluh



Belimbing wuluh merupakan jenis tanaman yang memiliki rasa masam tinggi, sehingga tidak banyak orang yang suka memakan langsung buah dari tanaman ini. Tanaman yang lahir di daratan Amerika beriklim tropis ini mempunyai bentuk batang yang kecil dengan ketinggian mencapai 10 meter. 


Batang belimbing wuluh tidaklah rata, terdapat benjolan di setiap batangnya dan kasar. Memiliki daun yang mirip dengan pohon cermai dan berwarna hijau muda di permukaannya. Manfaat dari belimbing wuluh ini dapat dijadikan penyedap makanan, menghilangkan noda pada tangan dan barang yang terbuat dari Kuningan serta noda pada kain. Hal ini dikarenakan kandungan asam yang sangat tinggi pada buahnya. Selain itu, setiap bagian belimbing wuluh bermanfaat bagi kesehatan. Nah, apa sajakah itu? Simak terus ya!



Khasiat Buah Belimbing Wuluh bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Belimbing Wuluh


  • Mengobati batuk 

Penyakit batuk memiliki banyak jenis, seperti batuk rejan, batuk biasa dan batuk yang diderita oleh anak – anak. Nah, untuk mengobati batuk pada anak Anda dapat menggunakan bunga dari belimbing wuluh. Caranya, ambil bunga belimbing wuluh satu genggam, adas dan gula secukupnya serta air satu cangkir. Kemudian, semua bahan tadi di tim beberapa jam. Saring dan minum air saringan tadi dua kali sehari dalam keadaan hangat atau dingin. 

  • Mengobati Pegal Linu

Bagi Anda yang capek seharian bekerja dan mengalami pegal disertai linu dapat diobati dengan menggunakan daun belimbing wuluh. Caranya meramunya, ambil satu genggam daun belimbing wuluh, cengkeh 10 biji, lada 15 biji. Kemudian, semua bahan tadi diblnder atau dihaluskan dan tambahkan sedikit cuka. Setelah itu, oleskan semua bahan yang sudah dihaluskan ke bagian yang pegal – pegal.

  • Mengobati Gondongan 

Caranya, ambil ranting muda beserta daun belimbing wuluh sebanyak 10 ranting dan 4 siung bawang merah. Cuci semua bahan tadi hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya oleskan pada daerah yang sakit.

  • Mengatasi Jerawat

Jerawat memang dapat membuat seseorang kurang percaya diri. Namun, jerawat tersebut dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan belimbing wuluh. Caranya, tumbuk halus belimbing wuluh secukupnya yang terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Remas dan tambahkan sedikit garam, kemudian gosokan pada wajah yang berjerawat. Lakukan cara ini 3 kali per hari. 


Jadi, itulah beberapa manfaat dari belimbing wuluh dan cara membuat obat nya. Belimbing wuluh yang dikenal dengan rasanya yang asam ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D