6 Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil



Pasangan suami istri pastinya ingin mempunyai anak atau momongan apalagi bagi para pengantin baru. Pada saat hamil tentunya para ibu ingin selalu menjaga janinnya agar tumbuh baik dan tetap sehat. Hal itu dapat terwujud jika memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin karena nutrisi yang diperlukan ibu hamil tidak sama dengan nutrisi yang dibutuhkan wanita tidak hamil. Perbedaan tersebut terdapat pada kebutuhan kalsiumnya.

Makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil

 Image Source: pixabay.com
Kalsium adalah zat penting yang dapat membantu pertumbuhan janin dan tulang pada janin. Kalsium juga berperan untuk mencegah ibu hamil mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hal itu disebabkan karena ketika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak terpenuhi akan membuat perkembangan janin mengambil kalsium dari tulang ibu yang mengandungnya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai manfaat yang mengandung kalsium untuk ibu hamil.

Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Wanita Hamil Saat Masa Kehamilan


1. Bayam dan Brokoli

Kedua sayuran ini merupakan sayuran yang mengandung kalsium yang cukup relatif. Bayam dan brokoli memiliki kandungan kalsium terbaik sehingga, mengonsumsi kedua sayuran ini sangat disarankan untuk ibu hamil.

2. Keju

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa keju merupakan produk yang berasal dari olahan susu. Keju mempunyai kandugan kalsium yang cukup tinggi, karena itu keju disarankan untuk dikonsumsi untuk ibu hamil terutama keju parmesan. Keju parmesan mempunyai kandungan kalsium yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan keju jenis lain.

3. Yogurt

Yogurt juga berasal dari olahan susu sama seperti dengan keju. Di dalam yogurt terdapat kandungan kalsium sebersar 415 mg sehingga, mengonsumsi yogurt juga dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil.

4. Kacang Almond

Di dalam kacang almond terdapat kandungan kalsium 70 sampai 80 mg, selain itu di dalam kacang almond juga terdapat kandungan vitamin E dengan kadar yang cukup tinggi.

5. Kacang Kedelai

Selain kacang almond, kacang kedelai juga merupakan kacang yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung kalisum 350 mg.

6. Sarden

Sarden merupakan makanan yang terdiri dari ikan laut.  Ikan laut di dalam olahan sarden dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil hingga 33%. Oleh karena itu ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sarden minimal sekali dalam seminggu.

Tadi sudah dijelaskan mengenai beberapa makanan yang mangandung kalsium dan dianjurkan untuk ibu hamil. Pembaca boleh saja menerapkannya tapi harus juga diimbangi dengan pola hidup yang sehat dengan melangkapi asupan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin dan lain sebagainya.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D