Makanan yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Asma

Makanan & Minuman yang Harus Dihindari untuk Dikonsumsi bagi Penderita Asma

Makanan merupakan sumber tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki dampak yang begitu besar bagi kesehatan. Seperti halnya bagi penderita penyakit pernafasan yang membutuhkan asupan kalori lebih banyak sekitar 10 kali hanya untuk bernafas daripada orang sehat. Hal ini disebabkan karena para penderita penyakit pernafasan tersebut cenderung lebih tinggi kebutuhan energinya, sehingga membutuhkan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Penyakit pernafasan tersebut seperti asma, sesak nafas, tuberkulosis, bronkitis dan penyakit yang menyerang sistem pernafasan lainnya. 


Makanan & Minuman yang Dilarang / Harus Dihindari bagi Pasien Asma


Bagi penderita sesak nafas atau memiliki riwayat sesak nafas atau asma perlu mengetahui beberapa makanan yang alangkah baiknya untuk dihindari ketika sedang menderita penyakit ini. makanan – makanan tersebut seperti udang, jeruk, dan berry. 

  • Sulfite 
Makanan yang harus dihindari penderita penyakit asma
Image Source: en.wikipedia.org
Hindari makanan yang memiliki kandungan sulfite di dalamnya, sebab dapat memicu terjadinya sesak nafas atau asma sekitar 20% bagi penderitanya. Kandungan sulfite dapat ditemukan dalam makanan hasil fermentasi dan makanan olahan. Seperti, telur, pati jagung, asparagus, daun bawang, selada, bawang putih, salmon, sirup, tomat, ketimun, acar, manisan, paprika, anggur, bir, teh, sari buah dan produk kedelai.



  • Udang 
Udang yang dibekukan mengandung sulfite. Kandungan ini yang berguna untuk membuat udang lebih awet dan mencegah terjadinya fleck hitam pada udang serta dapat memicu timbulnya sesak nafas atau asma yang diderita. 



  • Kacang Tanah
Kacang tanah merupakan makanan yang paling wajib dihindari oleh penderita penyakit pernafasan salah satunya asma. Walaupun hanya satu butir saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan saluran pernafasan. Selain itu, sereal, roti, telur dan ikan juga sebaiknya untuk dihindari. 



  • Jeruk 
Jeruk merupakan buah yang tinggi vitamin C dan dapat menambah sistem kekebalan tubuh. Namun, siapa yang menyangka jika jeruk dapat mengakibatkan serangan asma. Sebab adanya kandungan zat asam pada buah jeruk yang bisa menyebabkan asma kambuh.



  • Sayur dan Buah Kering
Sayur dan Buah kering hasil dari fermentasi seperti kismis, aprikot, nanas, dan cranberry dapat memicu timbulnya asma, sehingga sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi sayur dan buah kering yang dihasilkan dari fermentasi. 



  • Susu 
Susu dipercaya dapat memicu terjadinya serangan asma karena dapat menciptakan kelebihan lendir pada saluran pernafasan. Susu dan beragam produk olahan dari susu juga dapat mengakibatkan alergi pada penderita asma, sehingga memicu serangan asma. 

  • Kentang Kemasan 
Kandungan sulfite tinggi dapat kita temukan pada produk olahan kentang, seprti kentang goreng yang dikemas dan kentang goreng yang telah dibekukan.



  • Jus Lemon Buatan
Hindari meminum jus lemon atau jeruk nipis hasil buatan bukan yang dihasilkan dari memeras lemon sendiri. Dengan mengkonsumsi jus lemon asli dari air lemon dapat membuat penderita asma bernafas lega dan membuat segar peminumnya.


Jadi, asma merupakan penyakit yang dapat kambuh hanya karena memakan makanan yang salah dan tidak diperuntukkan bagi penderita asma itu sendiri. Alangkah baiknya jika para penderita asma untuk melakukan pengobatan untuk menghilangkan penyakit asma yang diderita.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D