Makanan Sehat yang Baik untuk Penderita Osteoporosis

Makanan yang Baik bagi Penderita Osteoporosis


Osteoporosis merupakan penyakit yang membuat tulang menjadi keropos dan rentan terkena patah tulang. Biasanya para penderita penyakit ini adalah para kaum hawa menopause. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan penyakit osteoporosis dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan mineral, seperti kalsium. 


Makanan Sehat untuk Penderita Osteoporosis (Pengeroposan Tulang)

Makanan Sehat untuk Penderita Osteoporosis



  • Sayuran dan Buah 

Sayuran juga dapat menjadikan tulang semakin kuat, diantaranya ada brokoli, bit dan kembang kol jika dikonsumsi secara rutin setiap hari. Selain itu, sayuran dengan warna hijau gelap juga dapat melawan osteoporosis. Hindari juga mengkonsumsi sayur bayam, sebab mengandung senyawa oxalate yang dapat mencegah kalsium diserap oleh tubuh. Sedangkan adapula buah – buahan yang memiliki kandungan vitamin C baik bagi kesehatan tulang seperti jambu, jeruk, nanas, apel, pisang, strawberry dan kurma. 


  • Ikan 

Ikan yang memiliki kandungan mineral tinggi seperti ikan salmon, tuna dan sarden dapat mengatasi osteoporosis dan mencegahnya dari penyakit nyeri sendi serta rematik. Sebab jenis ikan tersebut juga memiliki kandungan omega tiga yang baik bagi kesehatan tulang. 


  • Kacang 

Kacang memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti, kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor. Jenis kacang pistachio dan almond merupakan jenis kacang yang memiliki kandungan kalsium paling baik.


  • Telur 

Telur selain mempunyai kandungan protein yang tinggi juga memiliki kandungan vitamin D yang alami. Sehingga dapat menguatkan tulang dan menjauhkan dari penyakit osteoporosis. 


Minuman & Nutrisi Lainnya


  • Susu
Susu merupakan minuman yang tinggi akan kandungan protein dan kalsium, sehingga dapat membuat tulang menjadi kuat dan sehat serta terhindar dari osteoporosis. Selain itu, produk olahan dari susu, seperti yogurt, keju, dan lainnya juga dapat memerangi osteoporosis. 



  • Ragi dan Sinar Matahari 

Ragi memiliki kandungan kalsium sebesar 350 mg per 100 gram ragi. Selain itu, sinar matahari pagi juga kaya dengan vitamin D untuk membuat tulang menjadi kuat. Hanya dengan melakukan kegiatan olahraga dan berjemur dibawah sinar matahari pagi dari terbitnya matahari sampai pukul 09.00 WIB. 



Jadi, untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat tidaklah sulit. Hanya dengan mengkonsumsi makanan diatas secara rutin dan ditambah lagi dengan berolahraga di pagi hari dapat mencegah terjadinya osteoporosis di usia tua. Namun, perlu diperhatikan pula untuk tidak melakukan dan sebaiknya dihentikan kebiasaan minum minuman beralkohol, merokok dan hindari juga mengkonsumsi garam berlebih supaya kadar kalsium di dalam tulang tidak dapat luruh.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D