Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Usia 6 Bulan Keatas? Pahami Tipsnya!

Tips Memberikan Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Umur 6 Bulan Keatas

Makanan merupakan salah satu hal yang terpenting bagi kelangsungan hidup manusia, terutama bayi yang masih sangat memerlukan makanan untuk masa pertumbuhan dan perkembangan. Seperti ASI yang diperuntukkan untuk bayi di bawah 6 bulan, setelahnya bayi akan diajari dan mengenal MP ASI atau makanan pendamping ASI yang terhitung baru baginya.

Sebagai seorang orang tua yang pertama kali mempunyai anak pastinya akan terasa kebingungan dalam memilih makanan yang pas untuk si bayi. Rasa khawatir dan cemas pasti ada dibenak setiap orang tua apabila bayinya mengalami masalah kesehatan setelah diberikan MP ASI. Dari kondisi orang tua seperti itu timbul tindakan gegabah atau khawatir semakin menjadi tanpa sadar apa yang dapat ditimbulkan dari sikap gegabah tersebut bagi kesehatan bayi.  Nah, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan saat memberikan makanan pendamping ASI, perhatikan tips berikut ini.


Cara Mencegah Gangguan Kesehatan Saat Memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu / MP ASI pada Bayi Usia 6 Bulan Keatas



  • Hindari Memberikan ASI Berlebih
ASI memang memiliki berbagai macam nutrisi sangat lengkap yang dibutuhkan oleh bayi sampai usia 6 bulan. Setelah usia lebih dari 6 bulan, bayi wajib untuk diperkenalkan dengan MP ASI atau makanan pendamping ASI. Nah, pada saat memberikan makanan pendamping inilah, memberi ASI kepada bayi sudah mulai dikurangi sedikit demi sedikit.

Jangan terlalu berlebihan dalam memberikan ASI pada bayi, misalnya pada usia lebih dari 6 bulan masih diberi ASI. Hal ini kurang dapat mencukupi kebutuhan gizi per hari pada bayi, sehingga sudah sepatutnya diberikan makanan pendamping yang bertujuan untuk membantu memenuhi gizi si bayi pada usia lebih dari 6 bulan. Sehingga disebutlah makanan pendamping ASI atau MP ASI.
Alasan kekhawatiran seorang orang tua yang takut bayinya tidak kenyang dan beranggapan bayinya akan kekurangan gizi hanya dengan ASI saja, sehingga membuat orang tua memberikan makanan pendamping yang seharusnya belum dapat diberikan pada bayi. Hal inilah yang dapat mengakibatkan beberapa macam gangguan kesehatan pada bayi.  Seperti gangguan pencernaan dimana sistem pencernaan belum sempurna untuk menyerap makanan misalnya bubur atau buah. 

Selain itu, bayi yang belum bisa makan dengan benar dapat tersedak dan dapa membuat alergi. Untuk itu sebaiknya untuk menunggu waktu yang disarankan untuk memberikan makanan pendamping pada bayi yakni saat usia lebih dari 6 bulan. Di usia inilah sistem pencernaan sudah mulai dapat bekerja dengan baik.


  • Hindari Pemberian Vitamin
Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh manusia termasuk pada bayi. Pemberian vitamin juga jangan sembarangan, hanya pada saat kondisi tertentu saja, misalnya bayi sedang dirawat atau bayi baru sembuh. Karena alasan bayi tidak mau makan, para orang tua memberikan vitamin supaya mau makan dan lahap saat makan. Hal ini tidak anjurkan sebab dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan bayi. Sebaiknya carilah solusi yang tepat dan penyebab kenapa bayi tidak mau makan.


  • Perhatikan Kebersihan
Makanan dan peralatan makan yang bersih memberikan nilai plus pada makanan yang dikonsumsi si bayi. Kebersihan merupakan faktor yang paling penting supaya terhindar dari penyakit yang menyerang kesehatan bayi. Sebab bayi masih rentan dan sensitif terhadap makanan pendamping yang diberikan. Selain itu, perhatikan pula kebersihan peralatan makan. Gunakan peralatan yang berasal dari bahan yang aman bagi bayi dan higienis.

Nah, itulah tadi tips menghindari gangguan kesehatan saat memberikan MP ASI pada bayi. Jadi, makanan merupakan hal yang penting bagi bayi. Sehingga sebagai orang tua yang baik wajib untuk memberikan makanan yang terbaik bagi si bayi agar terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan yang dapat menyerang kapan saja.  Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D