Khasiat & Manfaat Daun Kenikir bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kenikir

Kenikir merupakan tanaman yang biasa tumbuh liar dan hidup di pekarangan rumah. Tanaman kenikir memiliki bentuk tulang daun menjari, biasanya dimanfaatkan sebagai lalapan matang atau bahan dasar pecel. Tanaman ini bisa juga dijadikan tanaman hias, karena memiliki bunga yang cantik warnanya, ada kuning, orange dan ungu. Namun sebagai tanaman hias, kenikir tidak dapat hidup lebih lama, setelah menggugurkan bunganya tanaman ini biasanya mati dan akan tumbuh tunas baru dari biji yang jatuh ke tanah.

Kenikir tidak hanya dapat dijadikan sebagai bahan makanan saja, daun kenikir ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti lemah jantung dan menambah nafsu makan pada anak – anak. Daunnya berwarna hijau muda, sedangkan bagian daun yang masih muda inilah dipetik, lalu dijadikan obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa macam manfaat dari kenikir bagi kesehatan.


Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Kenikir


  • Mengobati Jantung Lemah
Lemah jantung merupakan penyakit dimana menurunnya kemampuan jantung dan tidak berfungsi normal, seperti menurunnya kemampuan otot jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Penyakit ini ditandai oleh beberapa hal, seperti sesak nafas, mudah lelah, detak jantung tidak teratur dan cepat, nafsu makan menjadi menurun dan mengalami gangguan pikiran. Untuk mengatasinya dapat menggunakan daun kenikir. Caranya dengan mengkonsumsi daun kenikir sebagai lalapan atau bisa meramu daun kenikir yang direbus dengan air 3 gelas sampai tersisa 2 gelas. Saring dan minum air selagi hangat.

  • Menambah Nafsu Makan
Daun kenikir dapat dijadikan sebagai obat penambah nafsu makan. Caranya, siapkan daun kenikir segar 100 gr, lalu cuci hingga bersih. Kemudian, jadikan daun kenikir sebagai lalapan mentah atau bisa juga di kukus terlebih dahulu sebagai lalapan matang, namun jangan terlalu lama agar gizi di dalamnya tidak hilang, cukup sampai layu saja.

  • Mencegah Penuaan Dini
Daun kenikir selain dapat mengobati penyakit juga dapat menjaga kecantikan, seperti mencegah terjadinya penuaan dini. Dengan mengkonsumsi daun kenikir selain terhindar dari penyakit  juga dapat mempercantik kulit dan tampak awet muda.

  • Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap
Daun kenikir juga dapat menghilangkan bau mulut tak sedap, hal ini dikarenakan kandungan kenikir yang tinggi akan kalsium. Selain itu, kalsium juga baik bagi kesehatan tulang dan gigi.

Demikian tadi khasiat daun kenikir bagi kesehatan. Jadi, daun kenikir tidak hanya diolah sebagai masakan, namun juga dapat bermanfaat bagi kesehatan pula. Happy reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D