Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Jantung Pisang bagi Kesehatan

Tanaman pisang pada umumnya semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Dari akarnya yang dapat dijadikan krupuk, lalu batangnya yang dapat dimasak, kemudian daunnya sebagai pembungkus makanan dan buahnya yang dapat dimakan dengan kandungannya yang baik kesehatan. Tetapi, tahukah jika ada bagian dari pisang yang tidak kalah bermanfaat bagi kesehatan, yakni jantung pisang.

Jantung pisang tidak berada di dalam batangnya, melainkan di luar dari batang, lebih tepatnya menggantung bersama buah pisang. Jantung pisang inilah yang tempat buah pisang berasal, apabila diamati akan ada bentuk pisang kecil berbunga di dalam setiap bagian jantung pisang. Bagian yang memiliki warna merah seperti buah mahoni ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan terutama dapat di jadikan menu program diet. Selain itu ada juga manfaat lain dari jantung pisang bagi kesehatan seperti mencegah stroke dan diabetes. Berikut ini penjelasannya!


Manfaat Jantung Pisang untuk Diet & Mengobati Penyakit agar Tubuh Sehat

Manfaat Jantung Pisang


  • Menu Program Diet
Salah satu manfaat dari jantung pisang adalah mampu menurunkan berat badan, sehingga dapat membuat tubuh lebih ramping seperti idaman para kaum wanita. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi yang mampu membuat perut tetap kenyang lebih lama dan kandungan lemak yang sedikit sekitar 0,3 gram/25 gram jantung pisang. Jadi, jantung pisang wajib dimasukan ke dalam daftar menu program diet.

  • Mengobati dan Mencegah Stroke
Jantung pisang ternyata dapat juga mencegah stroke yang tergolong penyakit kronis. Selain itu, kandungan gizi jantung pisang dapat mencegah radang pada otak. Jadi, jantung pisang selain sebagai makanan program diet juga dapat mengobati dan mencegah stroke.

  • Mencegah dan mengobati Diabetes
Indeks glikemik  yang rendah pada jantung pisang baik bagi penderita diabetes. Selain itu, jantung pisang juga dapat mengikat kolesterol dan lemak jahat yang nanti akan di keluarkan bersama kotoran, sehingga bermanfaat juga bagi sistem pencernaan.

Jadi, jantung pisang yang dianggap sebagai pengganggu tumbuhnya pisang, ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, terutama untuk program diet yang rendah lemak dan kaya akan serat. Semoga bermanfaat! (kes/sams)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D