Khasiat Bunga Melati Putih bagi Kesehatan

Khasiat Bunga Melati Putih 


Melati yang bernama latin Jasminum sambac ini merupakan salah satu jenis bunga yang dikenal dengan baunya yang khas dan harum. Anda tahu tokoh ratu horror Indonesia? yaps, almarhum bunda Susana. Tokoh tersebut suka dengan bunga melati dan tak jarang pula memakannya. Ih seram juga kan? Wangi bunga melati yang sangat menyengat dan harum sering digunakan sebagai bunga wajib dalam berbagai kegiatan adat, baik hajatan ataupun ritual tertentu yang berbau mistis. Mungkin sebab itulah mungkin sebagian orang beranggapan jika melati merupakan bunga yang disukai oleh makhluk kasat mata, seperti kuntilanak.



Manfaat Bunga Melati Putih untuk Kesehatan dan Obat Alami



Di Indonesia, bunga melati dapat kita jumpai di halaman rumah atau digunakan sebagai pagar pembatas. Bunga melati mempunyai segudang manfaat dan sejak jaman dulu sudah digunakan dalam berbagai keperluan, salah satunya bagi kesehatan. Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui hal tersebut, padahal sejak jaman dulu nenek moyang kita sudah menggunakannya sebagai obat tradisional, seperti mengobati sakit mata, kepala, sesak nafas, dan demam. Nah, dari pada  Anda penasaran manfaat apa saja yang ada di dalam bunga melati, yuk simak terus uraian berikut ini. 



Khasiat Bunga Melati Putih
  • Mengobati Sesak Nafas

Bagi Anda yang sering menderita sesak nafas atau asma dapat ditangani dengan menggunakan bunga melati. Caranya, ambil daun melati 20 lembar, lalu cuci bersih. Rebus daun melati tersebut dan tambahkan garam secukupnya dengan air tiga gelas sampai tersisa dua gelas. Saring dan minum airnya setelah dingin dua kali sehari. 

  • Mengobati Sakit Kepala dan Demam

Apabila Anda atau anggota keluarga Anda sedang mengalami demam, jangan kawatir. Segera ambil daun melati satu genggam beserta bunganya 10 kuntum. Kedua bahan tadi diremas – remas, jika sudah hancur lalu rendam di dalam air. Jadikan air rendaman tadi sebagai kompres demam. Cara tersebut juga dapat diterapkan pada orang yang mengalami sakit kepala.


  • Mengobati Gigitan Serangga atau Disengat Lebah

Bagi Anda yang pernah digigit serangga atau disengat oleh lebah, pasti akan timbul benjolan. Nah untuk mengobatinya Anda dapat menggunakan bunga melati satu genggam, lalu remas –remas hingga halus. selanjutnya tempelkan pada bagian benjolan tadi.  

  • Mengobati Sakit Mata

Apabila Anda mengalami mata merah, perih dan panas dikarenakan iritasi atau pekerjaan dapat ditangani dengan menggunakan daun melati segenggam, lalu dipipis haluskan. Selanjutnya tempelkan di atas mata sampai kering dan bisa diganti menggunakan ramuan yang baru. 

  • Menghentikan ASI Berlebih

Ada kalanya di saat seorang ibu tidak sedang menyusui, ASI nya masih saja tetap keluar. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda menempelkan segenggam bunga melati yang dihaluskan, kemudian tempelkan di sekitar payudara. Lakukan cara ini setiap pagi ketika sebelum mandi.



Jadi, bunga melati atau orang asing lebih mengena dengan sebutan yasmin atau jasmine ternyata tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan dasar pewangi saja, namun juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Happy reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D