Kandungan Gizi Pepaya Matang dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Pepaya


Pepaya merupakan buah yag memiliki rasa dan bau yang khas, buah ini mudah didapat dengan harga yang murah. Buah pepaya memiliki nama latin Carica yang digolongkan dalam family caricaceae. Pohon pepaya merupakan pohon beriklim tropis yang berasal dari Meksiko. Di Negara Indonesia pohon pepaya banyak ditemukan tumbuh dengan sendirinya di ladang perdesaan, dan perkarangan rumah. 

Kandungan Gizi PepayaJika sudah matang buah ini memiliki warna merah kekuningan atau orange tua serta memiliki rasa yang manis dan mempunyai banyak kandungan air. Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata juga digunakan sebagai bahan kecantikan dan kesehatan sejak jaman dahulu.

Buah papaya mempunyai kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin B, karbohidrat, zat besi, lemak, fosfor, kalium, protein, kalori, kalsium, niacin, riboflavin serta kandungan gizi lainnya. Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan mengenai kandungan nutrisi dan manfaatnya.

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya dan Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh


1. Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Buah pepaya mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi untuk mencegah oksidasi kolesterol serta dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit stroke dan serangan jantung. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga berfungsi untuk menetralisasi adanya radikal bebas.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Biji papaya mempunyai kandungan flavonoid dan phenotik yang merupakan zat aktif. Zat tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan ginjal

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Di dalam buah ini terdapat kandungan enzim papain dan serat tinggi yang berperan untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan serta berfungsi untuk menyehatkan organ pencernaan.

4. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah papaya berfungsi untuk menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh serta mencegah penyakit yang disebabkan oleh infeksi seperti batuk, flu, hingga penyakit serius seperi kanker.

5. Mempertajam Pengelihatan

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk mempertajam pengelihatan dan menyehatkan mata.

6. Sebagai Anti-flmasi/ Anti Radang

Buah papaya memiliki kandungan chymopapain dan papain yang berfungsi untuk mengurangi dan menyembuhkan peradangan. Zat tersebut juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka serta dapat mengatasi masalah kulit lainnya.

7. Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A, C, dan vitamin E yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, membuat kulit segar, halus dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat kandungan gizi yang terdapat di dalam buah papaya, sebaiknya dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan supaya terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.  
Advertisement

Artikel Lainnya :-D