Kandungan Gizi Brokoli Hijau per 100 gram

Kandungan Gizi Brokoli


Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya, brokoli adalah sayuran yang berasal dari bunga tanaman brokoli dan memiliki warna hijau. Brokoli adalah tanaman yang bisa tumbuh subur di daerah dingin, salah satunya seperti di wilayah kota Malang. Brokoli dewasa dapat tumbuh sekitar 4 hingga 10 inchi, serta memiliki tangkai dengan tebal 6 hingga 10 inchi.

Kandungan Gizi BrokoliBrokoli juga merupakan sumber nabati yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker prostat dan penyakit stroke. Sayuran ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, dalam 100 gram brokoli hanya terdapat kandungan kalori sebesar 34 kkal. Selain itu, brokoli juga mempunyai kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Manfaat antioksidan yang terdapat di dalam brokoli memiliki kapasitas penyerapan oksigen radikal. 

Nilai Gizi / Kandungan Nutrisi Sayur Brokoli Hijau


Berikut ini akan dijelaskan mengenai kandungan gizi brokoli yang berguna bagi kesehatan tubuh.

1. Sumber Folat

Di dalam brokoli yang segar terdapat kandungan sumber folat sekitar 16% RDA. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam brokoli sangat baik bagi para ibu hamil. Karena asam folat adalah sumber nutrisi yang baik untuk perkembangan janin.

2. Sumber Mineral

Di dalam brokoli juga terdapat kandungan mineral yang baik, seperti magnesium, fosfor, kalsium, zat besi, zinc dan mangan. Kandungan tersebut berperan untuk menjaga dan menyehatkan tulang.

3. Kaya Kandungan Vitamin A

Brokoli segar memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi yaitu sekitar 21%. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, yang akan membantu proses degenerasi macula yang terdapat pada retina mata orang yang sudah lanjut usia.

4. Kaya Kandungan Vitamin K

Brokoli yang segar juga memiliki kandungan vitamin K, sumber vitamin B kompleks, asam lemak dan omega 3. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Kaya Antioksidan

Kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi di dalam brokoli berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut juga didukung dengan adanya kandungan vitamin C di dalamnya.

Untuk mendapatkan semua manfaat gizi yang terdapat di dalam brokoli, harus mengetahui cara menyimpan dan mengolahnya dengan benar. Jika proses pengolahan dan penyimpan dilakukan dengan salah maka kandungan gizi yang terdapat di dalamnya akan hilang. 

Demikian tadi beberapa informasi mengenai kandungan gizi brokoli beserta manfaat sehatnya bagi tubuh. Diharapkan bisa menjadi info yang bermanfaat bagi pembaca !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D