5 Fakta dan Mitos Unik tentang Tidur, Kamu Percaya?

Mitos Seputar Fakta & Opini tentang Tidur

Tidur merupakan kegiatan mengistirahatkan tubuh dan organ dalam di malam hari dari aktivitas seharian. Tidur sudah merupakan hal yang menjadi kebiasaan terpenting bagi manusia. Namun, setiap orang memiliki opini atau mitos tentang tidur yang belum diketahui tentang kebenarannya, sehingga menjadi salah kaprah. Masih banyak opini yang berkaitan tentang tidur yang salah, tapi masih juga dipercayai banyak orang. Seperti opini berikut ini :


5 Mitos Seputar Fakta & Opini Unik tentang Tidur

5 Fakta dan Mitos Unik Tentang Tidur, Kamu Percaya?
Image Source: pixabay.com

#1

Opini   :Bangun di malam hari dapat menyebabkan kelelahan di pagi hari.

Fakta   : Jika pernah mengalami bangun di malam hari atau tengah malam, itu merupakan hal yang wajar dan menjadi siklus alami. Hal tersebut dikarenakan pengaruh lingkungan dan kebiasaan setiap orang. Misalnya orang yang terbiasa tidur tanpa lampu akan mengalami siklus tidur hanya beberapa jam, lalu terbangun dan kembali tidur. Selain itu, orang yang sudah terbiasa bangun tengah malam untuk melakukan ibadah, akan merasa tenang pikirannya dan tidak merasa kelelahan di keesokan harinya. Namun, opini tersebut dapat saja terjadi apabila di malam hari kurang tidur, kemudian tidur di pagi hari dan bangun di siang hari.

#2

Opini   : Dengan menghitung domba dapat membuat cepat tidur.

Fakta   : Cara ini memang sangat populer dilakukan oleh banyak orang dan telah berhasil bagi kebanyakan orang yang susah tidur. Namun, setelah di lakukan penelitian dan menghasilkan fakta yang mengejutkan. Penelitian tersebut mengungkapkan jika orang yang menghitung domba sebelum tidur tidak selalu berhasil bagi sebagian orang dan hanya membuat tertidur lebih lama sekitar 20 menit daripada orang yang menggunakan cara lain. Selain itu, lebih cepat membuat orang bosan.

#3

Opini   : Dengan menonton TV dapat membuat cepat tidur dan merasa pulas.

Fakta   : Menonton TV bagi setiap orang merupakan kegiatan yang dilakukan sebelum tidur, dan ada pula yang menggunakan media TV sebagai pengantar tidur. Padahal tertidur atau tidur di depan layar TV atau komputer yang menyala dapat mengurangi produktivitas hormon melatonin dalam tubuh. Hormon tersebut merupakan hormon tidur, apabila terkena cahaya layar TV atau komputer dapat mengganggu kerja hormon tersebut. Selain itu, paparan radiasi dari layar TV dan komputer juga dapat terjadi, sehingga dapat memicu timbulnya penyakit seperti kanker.

#4

Opini   : Minum Alkohol sebelum tidur dapat membuat tidur nyenyak.

Fakta   : Alkohol pada nyatanya dapat membuat tidur lebih cepat karena efek sedatif di dalamnya. Tetapi, alkohol juga dapat membuat kualitas tidur menjadi terganggu. Hal ini dikarenakan saat tidur alkohol mulai diproses dalam tubuh. sehingga membuat tidur kurang nyenyak dan membuat lebih mudah terbangun.

#5

Opini   : Orang dapat berlatih tidur untuk waktu yang pendek.

Fakta   : Pada kenyataannya manusia membutuhkan waktu yang cukup lama dan sudah diatur untuk tidur, sehingga berlatih untuk tidur dalam waktu yang pendek merupakan hal yang tidak dapat dilakukan oleh setiap orang. Walaupun itu dapat dilakukan orang tersebut hanya dapat bertahan cukup lama. Ada saatnya kebiasaan tidur dalam waktu pendek tersebut akan hilang. Selain itu, kebiasaan tidur sebentar atau tidak pernah tidur merupakan kebiasaan yang sangat buruk bagi kesehatan.


Nah itulah tadi beberapa mitos tentang tidur yang tidak selalu terbukti kebenarannya. Jadi, tidur merupakan hal yang terpenting bagi tubuh untuk beristirahat, sehingga sebaiknya penuhi kebutuhan tidur selama 8 jam per harinya di malam hari dan biasakan untuk tidak begadang karena kebiasaan tersebut dapat memicu insomnia atau kesulitan tidur.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D