Cara Penanganan Flu Singapura pada Bayi dan Anak

Cara Mengobati / Mengatasi Flu Singapura pada Anak & Bayi

Musim hujan adalah musim yang rentan membuat banyak orang terserang penyakit, terutama bagi orang yang kurang merawat tubuhnya dan acuh terhadap hal sepele tentang kesehatan. Namun, untuk anak-anak adalah waktu seseorang mudah terserang flu karena sistem daya tahan tubuhnya masih tak sekuat orang dewasa yang sehat. Pada saat musim hujan, biasanya anak-anak suka bermain air dan hujan-hujanan.

Salah satu virus yang menyerang bayi dan anak berusia dibawah 10 tahun serta memiliki sifat self-limited adalah Flu Singapura. Flu Singapura atau yang memiliki nama lain Hand, Foot, and Mouth Disease ini bisa menimbulkan ruam dan luka pada sekitar mulut, tangan, kaki, dan pantat anak-anak atau bayi.

Kemudian, virus yang menjadi penyebab Hand, Foot, and Mouth Disease adalah virus Enterovirus 71 (HEV71) dan virus Coxsackie A16 (CAV16). Perkembangbiakan virus tersebut terjadi pada saluran pencernaan anak. Lalu penularannya terjadi lewat bersin, batuk atau feses yang terinfeksi. Tapi tak bisa menular dari hewan.

Sedangkan gejalanya adalah seperti demam, nafsu makan yang menurun, mudah lelah dan sakit tenggorokan. Setelah itu juga diikuti dengan ruam di sekitar mulut seperti lidah, gusi, bagian dalam pipi, bibir atau langit-langit mulut. Ruam tersebut biasanya menimbulkan rasa nyeri.

Cara Mengobati / Penanganan Virus Flu Singapura pada Anak & Bayi

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mengatasi anak atau bayi dari serangan virus Flu Singapura!
  • Memakai cairan pencuci mulut

Cairan pencuci mulut bisa digunakan untuk meringankan rasa nyeri pada area mulut dan meningkatkan asupan cairan dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi. Biasanya, penyembuhan diperlukan waktu sekitar satu minggu.

  • Membiasakan hidup sehat

Biasakanlah untuk mengajari anak hidup sehat, selain itu orang tua juga membiasakan hidup sehat sembari membersihkan lingkungan.

  • Menghindari kontak fisik erat

Jika sakit, jangan melakukan kontak fisik terhadap anak seperti mencium, memeluk, atau memakai peralatan makan yang sama.

  • Istirahat

Apabila anak mengalami flu Singapura, sebaiknya suruh istirahat yang cukup supaya bisa cepat sembuh dan tak menularkan virus ke yang lain.


Biasanya, penyakit Flu Singapura ini akan bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Akan tetapi ada juga yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Maka dari itu, selalu biasakan hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Salam sehat :-D
Advertisement

Artikel Lainnya :-D