Cara Mengobati Suara Hilang atau Serak secara Alami

Cara Mengobati Suara Habis / Hilang 

Pernahkah mengalami kehilangan suara? Hilangnya suara tersebut biasanya disebabkan oleh sering berteriak atau sering mengeluarkan volume keras saat berbicara, sehingga gangguan ini sering dialami oleh para penyanyi atau pahlawan tanpa tanda jasa, guru. Namun, hilangnya suara atau suara menjadi serak bisa terjadi pada setiap orang yang disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman dingin. Sehingga mengakibatkan flu, pilek dan kerongkongan pun menjadi serak dan kering. Bisa juga disebabkan oleh peradangan karena virus atau bakteri pada laring.

Apa itu laring? Laring merupakan anggota tubuh yang sangat peting untuk bersuara dan menelan makanan yang berada dalam leher. Sehingga apabila anggota tubuh ini mengalami gangguan, maka suara akan menjadi serak atau bahkan menghilang dan terasa sakit saat dibuat menelan makanan.

Untuk mengatasi suara hilang bisa dengan cara mengistirahatkan tubuh dan puasa bicara atau bicara seperlunya saja supaya suara yang hilang dapat pulih kembali. Namun, tidak hanya diistirahatkan saja langsung sembuh. Sebaiknya juga diobati supaya proses penyembuhan semakin cepat dengan tips mengobati suara hilang berikut ini.


Tips Mengatasi Suara Hilang / Kehabiasan Suara Secara Alami



Cara mengobati suara hilang atau serak secara alami
Image Source: pixabay.com
  • Perasan Jeruk Nipis
Perasan jeruk nipis yang ditambahkan kecap asin sudah sejak lama dikenal dan efektif sebagai obat alami untuk mengatasi batuk dan mengembalikan suara yang hilang. Caranya sangat mudah, belah buah jeruk nipis menjadi dua, lalu peras sampai keluar airnya pada sendok atau wadah lainnya. Kemudian campurkan air perasan tadi dengan kecap asin secukupnya untuk menghilangkan rasa asam jeruk nipis. Aduk sampai rata dan minum secara rutin setiap 2 kali sehari.

  • Perbanyak Minum Air Mineral
Dengan minum air minimal 8 – 12 gelas per hari dapat menyembuhkan suara serak dan mengembalikan suara yang hilang. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak mengkonsumsi air mineral secara berlebihan sebab dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

  • Buah Delima
Buah yang memiliki warna merah merona ini dapat dijadikan obat suara hilang. Caranya cukup mengkonsumsi buah delima secara rutin sampai suaranya kembali normal.

  • Berhenti Merokok
Merokok selain dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan dari mulai ujung kaki sampai ujung rambut, merokok juga dapat mengakibatkan batuk dan suara hilang. Sehingga sebaiknya hindari asap rokok atau para perokok dan hindari pula merokok, sebab merokok sama halnya memasukan racun dalam tubuh.

  • Gunakan Masker
Saat musim kemarau, debu mudah beterbangan dimana – mana. Selain itu, pada musim penghujan juga virus yang menyerang sistem imun dengan mudah menular. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan masker saat hendak keluar rumah supaya terhindar dari debu dan virus penyebab gangguan pada laring yang mengakibatkan suara menghilang

  • Bicara Seperlunya
Hemat suara dengan bicara seperlunya saja atau hal – hal yang sangat penting untuk dibicarakan. Selain itu, istirahat juga sangat penting untuk mengembalikan stamina tubuh agar selalu fit dan segar kembali.

Nah, itulah tips cara mengobati suara hilang secara alami yang dapat dicoba di rumah. Jadi, mengobati suara hilang dapat dilakukan dengan mudah. Namun, daripada mengobati alangkah lebih baiknya lagi untuk mencegah penyakit datang. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D