Cara Mengobati Sakit Maag secara Herbal / Bahan Alami

Cara Mengatasi Maag Secara Tradisional

Maag biasanya terjadi ketika kadar asam pada lambung meningkat. Orang yang jarang sarapan atau telat makan dapat terkena penyakit ini, apabila terus dibiarkan akan mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan terutama lambung, seperti maag akut. Gejala yang ditimbulkan dari maag adalah rasa sakit dan perih pada perut. Selain pola makan yang kurang teratur, faktor lain seperti sering merokok, minum alkohol, banyak minum kopi, mengkonsumsi obat tertentu merupakan penyebab maag tersebut datang. 

Untuk itu, jangan sekali – kali meremehkan sarapan atau hal – hal tersebut supaya terhindar dari penyakit maag. Apabila sudah mengalami maag, berikut ini ada beberapa tips ang dapat dilakukan untuk mengatasi maag tersebut.


Tips Menyembuhkan Sakit Maag Secara Alami



  • Kunyit
Cara mengobati sakit maag secara herbal / bahan alami
Image Source: en.wikipedia.org
Kunyit merupakan salah satu bahan dalam pembuatan jamu yang sudah sejak dulu dikenal khasiatnya untuk mengobati beberapa macam penyakit, salah satunya adalah maag. Cara mengolahnya cukup mudah, siapkan kunyit beberapa ruas, lalu cuci bersih. Kupas kulit kunyit, kemudian parut semua. Peras sampai keluar airnya, lalu minum air perasan tersebut 2 kali sehari secara rutin. Selain cara diatas, kunyit juga dapat direbus dan meminum air rebusan kunyit tadi dalam keadaan hangat.


  • Tepung Kanji
Tepung kanji selain sebagai bahan pembuat peyek atau kue tradisional ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi maag. Caranya, siapkan 100 gram tepung kanji, lalu disangrai hingga berubah warnanya menjadi agak kekuning – Kuningan. Kemudian, seduh 2 sendok tepung kanji dengan air panas setengah gelas. Aduk dan minum dalam keadaan dingin atau hangat secara rutin selama seminggu atau sampai maag berkurang atau sembuh.

  • Biji Pepaya
Selain dapat menyehatkan dan menghitamkan rambut, biji pepaya ternyata juga dapat mengobati sakit maag. Caranya, siapkan biji pepaya yang sudah dijemur secukupnya, lalu tumbuk atau blender sampai halus. Biji pepaya yang sudah halus tadi diseduh dengan segelas air panas dan minum dalam keadaan hangat.

  • Daun Jambu Biji
Daun jambu biji sudah tidak asing lagi khasiatnya untuk mengobati gangguan pencernaan seperti diare atau maag. Cara menggunakan jambu biji sebagai obat maag cukup mudah. Pertama – tama siapkan daun jambu biji secukupnya, lalu cuci bersih. Kemudian rebus dengan dua gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum hasil rebusan daun jambu biji secara teratur.

Nah, itulah tadi tips mengatasi maag dengan cara alami. Jadi, jangan remehkan maag dengan cara tidak sarapan sebab ada banyak penyakit yang dapat terjadi ketika melewatkan sarapan selain maag. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D