Cara Mengobati Amandel Bengkak Secara Alami Tanpa Operasi

Cara Menyembuhkan Amandel Bengkak atau Radang Amandel

Sebenarnya amandel bukanlah nama suatu penyakit, melainkan organ tubuh yang organ tubuh yang berperan untuk menyaring serta menghalangi masuknya bakteri, kuman, virus melewati mulut dan hidung yang ingin masuk ke dalam tubuh. Jika organ ini tidak sanggup menghalangi bakteri, kuman dan virus yang masuk maka akan menimbulkan peradangan atau pembengkakan yang disebut dengan penyakit amandel.

Sakit amandel disebabkan oleh infeksi kelenjar getah bening yang terletak pada pangkal tenggorokan. Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri ataupun pola hidup yang tidak sehat, sehingga menyebabkan radang amandel dan timbul pembengkakan. Menyembuhkan amandel yang bengkak atau radang amandel tidak harus disembuhkan dengan cara operasi, karena ada juga penyembuhan penyakit ini dengan cara yang alami dan aman.

Yang perlu diperhatikan adalah, sebelum melakukan tindakan untu menyembuhkan radang amandel, Anda terlebih dahulu berkonsultasi dan memeriksakannya kepada ahlinya. Hal itu bertujuan untuk mengetahui seberapa kronis kondisi radang amandel dan untuk mengetahui cara apa yang tepat untuk menangani kondisi tersebut. Melakukan operasi sangat memungkinkan jika itu menjadi cara yang terbaik apabila kondisi Anda mencapai titik kritis.

Gejala & Penyebab Radang Amandel / Bengkak

Peradangan atau pembengkakan amandel mempunyai gejala seperti timbulnya rasa sakit pada kerongkongan saat menelan makanan, di lokasi tersebut terjadi pembengkakan seperti dua tonjolan pada setiap sisinya yaitu kanan dan kiri, dan gejala tersebut kadang membuat suara terdengar seperti sedang terserang flu. Langkah untuk menghindari penyakit ini bisa diliihat dengan mencermati pola hidup sehari-hari yang tanpa disadari dapat menyebabkan amandel menjadi terinfeksi sehingga menyebabkan terjadinya suatu penyakit yaitu peradangan atau pembengkakan amandel. Berikut ini adalah penyebab terjadinya peradangan atau pembengkakan amandel.

  1. Mengonsumsi makanan dan minuman yang ekstrim (terlalu panas, dingin, pedas, atau asam)
  2. Kurang memperhatikan kebersihan tangan saat menyentuh makanan
  3. Sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia, pemanis buatan dan pengawet
  4. Kurang mengonsumsi air putih
  5. Kurangnya asupan vitamin C


Tips Mengobati Amandel Bengkak pada Anak & Orang Dewasa Secara Alami

Amandel Bengkak / Radang Amandel

Kemudian berikut ini adalah cara untuk menyembuhkannya secara alami, tapi terlebihnya Anda harus berkonsultasi dengan ahlinya. Jika penyakit radang amandel tidak kronis atau dalam taraf masih rendah boleh menggunakan cara ini.

  •       Ambillah 2 buah jeruk nipis, kemudian peras airnya dan pisahkan dari bijinya
  •     Tambahkan dengan sedikit air kapur sirih lalu aduk dengan rata. Minumlah ramuan tradisional itu secara teratur, 3 kali dalam sehari.

Sebagai tambahan, jika amandel sudah cukup kronis sebaiknya dikonsultasikan langsung kepada dokter agar mendapatkan pelayanan lebih lanjut. Demikianlah beberapa tips mengobati amandel yang bengkak secara alami tanpa operasi, baik pada anak atau orang dewasa. Semoga membantu, !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D