Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Membandel secara Alami

Cara Menghilangkan Plak Gigi

Mempunyai gigi yang bersih dan indah adalah impian semua orang karena kebersihan dan keindahan gigi akan berdampak pada penampilan seseorang. Menjaga kesehatan gigi tidak hanya berguna untuk menunjang penampilan saja karena menjaga kesehatan gigi juga berguna agar terhindar dari permasalahan gigi seperti, adanya plak gigi dan gigi berlubang.

Penumpukan plak pada gigi disebabkan karena adanya sisa-sisa makanan yang menumpuk di sela-sela gigi. Sisa-sisa makanan yang tidak segera dibersihkan akan berkumpul dan mengeras menjadi plak gigi. Jika plak pada gigi terus dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada gigi sehingga, gigi menjadi berlubang.


Tips Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjabarkan mengenai cara menghilangkan plak gigi secara alami. Berikut ini caranya :



1. Apel

Plak atau karang gigi bisa hilang dengan cara megonsumsi apel tanpa dikupas dan tanpa dipotong terlebih dahulu. Di dalam apel terdapat kandungan serat tinggi yang dapat berperan untuk mengangkat plak atau karang gigi secara alami.

2. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Cara Menghilangkan Plak Gigi
Mengonsumsi banyak air putih juga merupakan salah satu cara alami untuk menghilangkan plak atau karang gigi. Air putih dapat mengangkat kotoran yang menempel pada gigi secara alami. Karang gigi akan terkikis sedikit demi sedikit dengan sendirinya. Usahakan selalu mengonsumsi air putih yang bersih dan selalu berkumur jika sesudah makan.

3. Cengkeh

Sejak jaman dahulu cegkeh adalah ramuan yang sudah dikenal sebagai penghilang plak atau karang gigi secara alami. Kebiasaan orang jaman dulu yang mengonsumsi cengkeh dengan daun sirih atau yang disebut dengan nginang hal ini sudah terbukti karena gigi orang-orang jaman dahulu masih kuat meskipun memiliki usia tua, hal ini juga efektif untuk menghilangkan plak atau karang gigi.

4. Biji Asam Kawak

Biji Asam Kawak adalah biji asam yang sudah tua yang dapat digunakan untuk menghilangkan plak atau karang gigi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyangrai (mengoreng tanpa minyak) biji asam kawak, kemudian tumbuk hingga halus. Selanjutnya bisa digunakan sebagai campuran pasta gigi.

5. Bersiwak

Bersiwak adalah cara yang dipercaya umat islam untuk membersihkan gigi. Nabi Muhammad SAW telah memperkenalkan cara ini kepada umatnya. Bersiwak adalah cara membersihkan gigi dengan akar atau serat batang tumbuhan. Tetapi, pada jaman modern ini, serat akar dan batang yang digunakan untuk bersiwak sudah banyak terdapat di apotek.


Membersihkan plak atau karang gigi secara alami bukanlah hal yang mudah, karena diperlukan keteraturan dan kesabaran untuk melakukan . Sebelum terjadinya karang gigi atau plak pada gigi sebaiknya, jaga dan rawatlah gigi mulai sejak dini.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D