Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Bangun Tidur, Olahraga, Hamil Tua, Berenang, dll

Cara Mengobati Kram di Kaki Secara Alami

Saat berolahraga pastinya diusahakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, seperti menggerakkan anggota tubuh dari kepala sampai kaki secara bergantian sebelum melakukan olahraga yang berat. Namun, apabila hal tersebut tidak dilakukan maka akan sangat beresiko terkena kejang otot atau biasa disebut kram.

Kram merupakan gejala otot kejang secara mendadak dan sangat sakit seperti otot ditarik kencang. Kram sering kali melanda bagian kaki, mulai dari paha sampai betis. Gangguan ini dapat terjadi dikarenakan oleh banyak faktor, seperti kurangnya zat elektrolit dalam tubuh, kelelahan otot, menumpuknya asam laktat, dan terjadinya gangguan sirkulasi darah yang membawa oksigen pada jaringan otot. Nyeri dan rasa sakit ini berlangsung cukup lama apabila dibiarkan dan tidak segera ditangani serta dapat menyebabkan gangguan lainnya.

Tips Mengatasi Kram di Kaki Saat Berenang, Bangun Tidur, Olahrga, Hamil Tua, Duduk Terlalu Lama dan sebagainya.


Untuk itu, sesegera mungkin untuk menangani kram dengan cara membaringkan penderita kram. Kemudian tekuk kaki ke belakang secara perlahan, lalu tahan sebentar. Selanjutnya bisa dengan menaruh kedua tangan pada paha dan menggoyang – goyangkan paha tersebut, sehingga otot kembali normal serta tidak tegang lagi. Nah, untuk mencegah kram dapat melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Hindari Penggunaan Hak Tinggi
Penggunaan hal tinggi dapat memicu terjadinya kram, sebab bagian kaki akan terbebani oleh berat badan. Alhasil pengguna hak tinggi akan mudah cepat lelah dan bisa beresiko terkena kram atau keseleo. Selain itu juga dapat mengganggu sirkulasi darah ke kaki karena posisi kaki yang menjinjit, sehingga jari jemari ditekuk saat menggunakan hak. Untuk itu sebaiknya hindari penggunaan hak tinggi secara terus menerus. Apabila pekerjaan menuntut penggunaan hak tinggi, sebaiknya sesekali gunakan waktu untuk mengistirahatkan kaki.
  • Perbanyak Minum Air
Apabila tubuh kekurangan cairan juga dapat beresiko terkena kram. Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air mineral sebanyak 8 – 12 gelas per hari supaya terhindar dari dehidrasi dan kram otot.

  • Gunakan Sepatu Longgar
Saat memilih atau menggunakan sepatu sebaiknya pilihlah dan gunakan sepatu yang agak longgar pada kaki. Sebab penggunaan sepatu yang sesak dapat mengganggu sirkulasi darah dan mengakibatkan kaki tertekan. Sehingga membuat kaki cepat lelah dan sangat beresiko mengalami kram.

  • Mencukupi Kebutuhan Mineral
Kram dapat terjadi akibat tubuh kekurangan mineral penting, seperti kalsium, magnesium dan kalium. Nah, untuk itu penuhi kebutuhan kalsium, magnesium dan kalium per harinya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan mineral tersebut seperti susu, sayuran, buah – buahan, daging dan ikan.

  • Air Hangat atau Pijat
Kram dapat terjadi karena peredaran darah yang kurang lancar ke seluruh tubuh. Nah, untuk melancarkan peredaran darah bisa melakukan pijatan atau merendam kaki pada air hangat, sehingga membuat tubuh lebih nyaman dan rileks. Sehingga resiko terkena kram atau kejang otot semakin berkurang.

Nah, itulah tadi tips untuk mengatasi kram kaki secara alami. Jadi, kram terjadi karena otot kelelahan dan sirkulasi darah yang tidak begitu lancar dan untuk mengatasi kram serta mencegahnya dapat melakukan tips diatas dalam kehidupan sehari – hari. semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D